Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Ade Setiawan

Menjelang Idul Adha 1444 H, Pemkab Pandeglang Gencarkan Pemeriksaan Kesehatan Hewan Kurban

Info Terkini | Friday, 23 Jun 2023, 14:51 WIB
Dokter Hewan UPT Puskeswan Pandeglang melakukan pemeriksaan kesehatan hewan salah satu lapak hewan kurban di seputar Desa Mandalasari Kecamatan Kaduhejo Kabupaten Pandeglang (Foto : Dok Puskeswan Pandeglang)

Menjelang Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriyah, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Pandeglang gencar melakukan pemeriksaan kesehatan hewan yang di jual pedagang lapak hewan kurban.

Langkah ini dilakukan Pemkab Pandeglang dalam upaya menjamin ketersediaan hewan kurban yang sehat dan memenuhi syarat untuk dijadikan kurban bagi masyarakat.

Kepala DPKP Pandeglang Dr. Nasir, SP., MBA., MP mengungkapkan, pihaknya telah membentuk Tim pemeriksa yang terdiri dari dokter hewan dan paramedik veteriner akan melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap hewan kurban yang akan dijual dan memberikan tanda khusus untuk setiap hewan yang sudah diperiksa.

“Hanya hewan kurban yang sudah dinyatakan sehat yang boleh dijual. Sedangkan hewan yang dinyatakan tidak sehat akan diobati dokter hewan sampai sembuh, baru kemudian boleh dijual,” ujar Dr. Nasir, Jumat (23/06/2023).

Dia mengatakan, momentum Idul Adha tahun ini, pemeriksaan lapak hewan kurban lebih detail dalam hal pengawasan maupun pengecekan ternak, sekaligus untuk kewaspadaan terhadap penyebaran penyakit hewan menular.

“Dalam rangka kewaspadaan dan pencegahan kejadian Penyakit Hewan Menular Strategis (PHMS) menjelang Hari Raya Iedul Adha 1444 H maka kami terus melakukan upaya pengamanan terhadap kejadian PHMS diantaranya penyakit mulut dan kuku (PMK) dan Lumpy Skin Diease (LSD) dan penyakit hewan menular lainnya,” tegasnya.

Upaya yang telah dilakukan yakni melakukan peningkatan kewaspadaan dini melalui pengamatan dan analisis situasi terhadap kemungkinan munculnya kasus penyakit hewan menular pada ternak.

Membentuk tim pemeriksa hewan kurban untuk melakukan pemeriksaan Kesehatan hewan

Serta mengerahkan sumberdaya kesehatan hewan yang ada di Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan dan UPT Puskeswan untuk melakukan pelayanan aktif pemeriksaan hewan sebagai upaya antisipasi kejadian PHMS

Kepala UPT Puskeswan Pandeglang Ade Setiawan mengatakan, sejak Rabu (21/06/2023) Puskeswan telah mengerahkan 7 dokter hewan dan 5 paramedik veteriner untuk melaksanakan tugas sebagai tim pemeriksa lapak hewan kurban yang tersebar di wilayah Kabupaten Pandeglang.

“Rencananya, tim pemeriksa Kesehatan hewan kurban Puskeswan Pandeglang akan melakukan pemeriksaan lapak hingga menjelang Idul Adha atau pada Selasa (27/06/2023),” Ujarnya.

Dalam upaya peningkatan kewaspadaan dini terhadap penyakit hewan menular, Puskeswan Pandeglang mengimbau masyarakat, para peternak maupun pedagang lapak hewan kurbau untuk berpartisipasi menyampaikan laporan jika melihat atau menemukan hewan peliharaan dan ternak dengan gejala tidak sehat.

“Silahkan hubungi Call Center Puskeswan Pandeglang 0877-7335-7422 atau melalui WhatsApp 0852-3319-2087 untuk mendapatkan layanan konsultasi Kesehatan hewan secara gratis,” katanya.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image