Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Leonaa Ameliaa

Perburuan Liar Satwa Langka

Pendidikan dan Literasi | Monday, 19 Jun 2023, 15:57 WIB
Gambar 1. Perburuan Satwa Langka. Sumber: asset.kompas.com

Indonesia terkenal dengan keanekaragaman hayati yang melimpah. Keanekaragaman hayati yang dimaksud meliputi berbagai jenis spesies flora dan fauna yang menjadikan indonesia cukup kaya. Menurut data yang bersumber dalam kementerian budaya dan juga kementerian pendidikan republik indonesia tahun 2020, Indonesia memiliki sekitar spesies sejumlah 8.000 pada flora dan spesies sejumlah 2.215 terdapat pada fauna yang sudah teridentifikasi.

Menempatkan berbagai jajaran negara yang termasuk indonesia dengan keragaman hayati terbesar di dunia bersama brazil di amerika selatan dan zairi di afrika. Walaupun memiliki jumlah spesies fauna yang cukup besar, nyatanya banyak dari spesies fauna tersebut yang terancam punah, baik karena faktor alamiah maupun karena faktor manusia seperti perburuan.

Perburuan liar sudah banyak terjadi di berbagai negara, tidak hanya terjadi di indonesia. Perburuan liar merupakan ancaman besar bagi satwa langka karena hal tersebut dapat menyebabkan berkurangnya spesies fauna serta terjadinya kepunahan. Sehingga dari tahun ke tahun populasi hewan langka semakin menurun. Dampak lain yang harus diketahui dari perburuan liar ini adalah terjadinya perubahan struktur pada populasi satwa langka dan mengganggu keseimbangan dalam ekosistem, serta hilangnya habitat bagi satwa langka.

Yayasan Planet Indonesia (YPI) mendata, dalam kurun waktu tiga tahun pada 2018-2021 hasil pemantauan secara online di wilayah kalimantan barat tercatat sebanyak 6.320 satwa di perdagang kan secara illegal dengan total transaksi sebesar Rp. 452 juta. Jika ini masih tetap berlanjut, di tahun yang akan datang, tidak menutup kemunginan beberapa spesies fauna akan punah dengan sendirinya.

Hal yang dapat dipengaruhi dalam mengurangi perburuan liar terhadap satwa langka adalah diperlukannya tindakan preventif seperti adanya tindakan penegakan hukum ketat bagi pelaku perburuan liar, peningkatan edukasi kepada masyarakat betapa pentingnya dalam melestarikan satwa langka, peningkatan kesadaran dalam masyarakat bahwa bahaya nya perburuan liar bagi kehidupan satwa langka.

Oleh karena itu, pemerintah dan beberapa lembaga-lembaga swadaya masyarakat berupaya dan berkomitmen untuk melindungi serta menjaga beberapa satwa langka terutama yang teridentifikasi hampir punah di alam liar. Untuk terus menjaga kelestarian dan eksistensi satwa-satwa tersebut di bumi indonesia.

Leona Firda Amelia Mahasiswi Pendidikan Biologi Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image