Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image M Ikhwan Pratama

Ikut Asuransi Sama dengan Gak Percaya Allah?

Eduaksi | Sunday, 26 Dec 2021, 23:35 WIB

Kata siapa ikut asuransi itu artinya kita gak percaya sama Allah?

Sebelumnya kita harus tau apasih asuransi itu? Asuransi adalah sebuah perjanjian antara dua orang atau lebih di mana pihak tertanggung membayarkan iuran/kontribusi/premi untuk mendapat penggantian atas risiko kerugian, kerusakan, atau kehilangan, yang dapat terjadi akibat peristiwa yang tidak terduga.

Ikut asuransi itu bukan berarti kita menggantikan posisi Allah sebagai satu-satunya Dzat yang mengendalikan semuanya, sebagai zat yang telah menjamin rezeki kita.

Ikut Asuransi juga bukan berarti kita menuhankan perusahaan asuransi dan menyerahkan segala nasib kita kepada perusahaan asuransi.

Dan kalau kita ikutan asuransi berpikir bahwa hidup kita terjamin, rezeki kita terjamin, anak-anak kita terjamin itu salah besar ya teman-teman.

Jadi jangan sampai kita ikut asuransi kita berpikir bahwa, Wah Alhamdulillah ya untung aja ikut asuransi jadinya anak-anak lebih tenang, untung aja ada asuransi jadinya gak perlu mikir biaya kesehatan, Untung aja ada asuransi Jadi kalau misalnya pasangan meninggal atau kita meninggal ada uang yang dipertanggungkan kepada anak-anak kita. kalau kita Sempat berpikir seperti itu maka Sebenarnya ada yang salah dari pemahaman kita terhadap yang namanya asuransi.

Jadi temen-temen mengikuti asuransi dalam hal ini tentunya asuransi syariah yah yaitu adalah bagian dari ikhtiar kita. Dan Kalau kita tahu ya teman-teman konsep terkait dengan Asuransi Syariah ini Masya Allah keren banget ya beda dengan Asuransi konvensional yang cenderung berspekulasi ya.

Jadi kalau kita sakit baru kita ngerasa untung karena kita manfaatkan fasilitasnya gitu, tapi kalau di asuransi syariah sistemnya adalah takaful atau kita menggunakan dana tabaru atau kalau kita kenal ya Bahasa Indonesianya adalah dana tolong menolong dana saling membantu antar pesertanya. jadi di situ bukan hanya nanti ketika kita sakit kita akan dibantu Tapi ketika teman-teman dalam komunitas itu teman-teman peserta di asuransi itu juga sakit kita juga membantu mereka gitu.

Semoga bermanfaat.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image