Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image M Riswanda I

Apa itu Google Adsense?

Edukasi | Friday, 16 Jun 2023, 04:00 WIB

Jika Anda melihat Internet beberapa tahun yang lalu, Anda akan melihat bahwa periklanan dilakukan dengan cara yang sangat mirip dengan jenis media lain seperti televisi, atau sebenarnya, lebih seperti apa yang Anda lihat di koran.

Anda akan memasuki sebuah situs, dan di beberapa lokasi Anda akan melihat spanduk (seringkali ini cukup banyak dan sangat besar), yang akan menampilkan dan mengiklankan perusahaan apa pun yang membayar untuk penambahan di ruang Anda.

Tapi ada satu masalah dengan iklan semacam ini. Itu benar-benar tidak mengeksploitasi fakta bahwa iklan itu tidak ada di beberapa surat kabar, tetapi disajikan melalui Internet.

Anda mungkin telah memperhatikan banyak hal seperti ini di halaman yang Anda jelajahi. Anda sedang melihat-lihat toko online, mencari jam tangan tetapi Anda mendapatkan spanduk yang mengiklankan mobil.

Meskipun Anda mungkin, suatu saat nanti ingin membeli mobil, saat ini Anda sedang mencari jam tangan dan alangkah baiknya jika spanduknya mengiklankan jam tangan, karena Anda mungkin akan mengkliknya.

Itu juga yang dipikirkan orang-orang di Google, jadi mereka mendapatkan ide yang mematikan. Ini dikenal sebagai Google AdSense, dan ini dikenal sebagai program periklanan bertarget

Apa yang Anda lakukan (sebagai perancang web / pemilik situs web) adalah, alih-alih melompat melalui rintangan untuk mendapatkan beberapa spanduk di situs Anda yang bahkan tidak dipedulikan oleh pengunjung Anda, apakah Anda hanya mengalokasikan beberapa wilayah layar.

Anda kemudian mendaftar untuk program Google AdSense, Anda menyisipkan potongan kecil kode di halaman web Anda dan Google memastikan bahwa di lokasi yang Anda tentukan, sebuah spanduk akan muncul, menyajikan tambahan yang relevan dengan konten situs Anda.

Sangat mudah bagi Google untuk melakukan ini karena Google adalah perusahaan mesin pencari. Itu mencari kata kunci di halaman Anda, mencari database situs web untuk menemukan yang terkait dengan apa pun yang ada di halaman Anda dan presto: iklan bertarget.

Anda (webmaster) mendapatkan bayaran untuk setiap pengunjung yang mengklik banner adsense di situs Anda. Nah, itu pasti akan terjadi lebih sering daripada spanduk tradisional karena orang benar-benar tertarik dengan apa yang ada di spanduk itu (jika tidak, mereka tidak akan ada di halaman Anda, bukan?).

Namun, ini juga merupakan keajaiban bagi orang-orang yang ingin beriklan. Dan itu karena alasan yang sama. Hal terbesar tentang Google AdSense adalah semua konten dalam spanduk relevan.

Relevansi ini adalah kunci keberhasilan program, dan juga alasan mengapa semua orang tetap bahagia. Pengiklan memiliki iklan yang ditempatkan secara relevan, penerbit mendapatkan uang dari konten mereka dan Google mengambil bagian mereka.

Tentu saja, seperti biasa, Google telah menetapkan beberapa standar tinggi untuk program AdSense-nya, dalam hal tampilan dan fungsionalitas. Anda tidak boleh memiliki lebih dari dua spanduk seperti itu di situs web Anda dan Google hanya menyisipkan teks di spanduk ini.

Jadi manfaat tambahannya adalah iklan AdSense jauh lebih tidak mencolok daripada iklan biasa. Tapi ini juga berarti Anda harus memposisikan spanduk dengan lebih baik karena pengunjung mungkin melewatkannya sama sekali.

Jadi pada akhirnya Google AdSense adalah program periklanan yang unik karena iklannya relevan dengan konten di situs. Siapa pun yang ingin beriklan membayar Google untuk itu. Siapa pun yang ingin memasang iklan di situs mereka melakukannya melalui AdSense, dibayar oleh Google dalam prosesnya.

Semua transaksi dijalankan melalui Google, dan pengiklan serta penerbit mendapatkan akses ke statistik yang membantu mereka memahami dan memoderasi keefektifan kampanye mereka.

Seluruh prosesnya elegan, sederhana, dan efektif dari siapa pun dalam rantai, dari pengunjung situs hingga pengiklan, dan itulah salah satu alasan Google dikenal karena inovasi dan pemikiran barunya.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image