Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image TESSA PUTRI CHANDRA JULIANTI

Perpisahan Awal dalam Kesuksesan...

Sekolah | Tuesday, 13 Jun 2023, 21:02 WIB
Foto Perpisahan SMP Negeri 2 Tirtajaya (Sumber: Dok,Pribadi)

PERPISAHAN “AWAL DALAM KESUKSESAN...”

Dalam setiap momen yang terjadi di dunia ini, umumnya setiap kali ada pertemuan pasti ada perpisahan. Dimana perpisahan kadang menimbulkan perasaan sedih dan haru, namun adakalanya perpisahan merupakan suatu awal dari perjalanan baru. Hal ini dirasakan juga saat acara perpisahan di SMP Negeri 2 Tirtajaya, Kabupaten Karawang.

Kesedihan sangat terlihat dari mata para Guru yang melepas siswa-siswi kelas IX SMP Negeri 2 Tirtajaya yang akan melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi dalam acara Perpisahan Siswa-siswi kelas IX tahun pelajaran 2022-2023 pada Kamis, kemarin 2 Juni 2023. Apalagi momen ini tidak akan dapat diulang kembali oleh siswa siswi kelas IX ini. Yang akan menjadi momen terakhir sekaligus momen terindah selama siswa-siswi bersekolah.

Kegiatan perpisahan ini sangat berkesan sekali baik siswa mampun guru, karena perpisahan kali ini dirasakan sangat meriah jika melihat beberapa tahun sebelumnya saat masa pandemi covid dimana tidak dilaksanakan kagiatan seperti ini. Adapun Siswa-siswi kelas IX SMPN 2 Tirtajaya yang lulus pada tahun pelajaran 2022/2023 sebanyak 191 siswa dengan hasil yang memuaskan.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh perangkat desa setempat yaitu Bu Lili selaku kepala desa Srijaya berserta staf jajaran yang ikut hadir memeriahkan kegiatan perpisahan Sekolah. Selain itu, dihadiri juga oleh perwakilan polsek Tirtajaya, lalu hadir juga bapak dan ibu Komite Sekolah, bapak dan ibu guru beserta staf tata usaha SMPN 2 Tirtajaya.

Tak lupa kehadiran orang tua siswa siswi kelas IX yang sangat antusias dalam menghadiri momen perpisahan anak-anaknya dengan membawa berbagai hadiah untuk dipersembahkan kepada anak-anaknya yang telah lulus jenjang SMP. Tawa dan haru sangat jelas terlihat dari tamu undangan yang hadir disekolah.

Acara perpisahan di isi oleh berbagai runtutan kegiatan yaitu sambutan yang diberikan oleh kepala sekolah, sambutan dari ketua komite dan juga sambutan dari kepala desa Srijaya. Lalu kegiatan dilanjutkan dengan laporan ketua pelaksana perpisahan, setelah itu pembacaan doa. Lanjut dengan kegiatan inti yaitu Upacara adat lengser dengan mengiring sepasang pengantin yang merupakan perwakilan siswa-siswi kelas IX SMPN 2 Tirtajaya.

Acara dilanjutkan dengan pelepasan burung merpati sebagai simbol guru yang melepas siswa-siswi ke dalam jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Acara terakhir yaitu dilakukan salam-salam perpisahan antara siswa-siswi dengan para guru SMPN 2 Tirtajaya.

Adapun momen ketika kepala sekolah memberikan penghargaan kepada siswa yang mendapatkan nilai ujian terbaik distiap kelas masing masih 3 oeringkat teratas kelas yang diberikansertifikat dan uang beasiswa yang langsung diterimaka oleh siswa-siswi terbaik di saat momen perpisahan ini

Kegiatan dilaksanakan di lapangan sekolah dengan khitmad dan penuh keharuan, sangat dirasakaan saat momen pelepasan tersebut, apalagi momen siswa-siswi bersama Guru yang tidak dapat dilupakan selama 3 tahun ini bersama. Momen yang akan menjadi saksi bahwa perjuangan hidup sangatlah luarbiasa.

3 tahun ini semoga menjadi bekal hidup yang sangat terarti bagi siswa-siswa kelas IX SMPN 2 Tirtajaya. Pada jenjang selanjutnya semoga apa yang baik sudah dilakukan si SMP dapat juga dilakukan di jenjang SMA/K dan semoga lebih baik lagi dalam meningkatkan prestasi di sekolah.

Semoga anak didik kami dapat mencapai cita-citanya setinggi langit, semoga akan menjadi anak-anak penerus bangsa yang siap menjadi garda terdepan dalam memajukan Indonesia tercinta.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image