Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Auliya Fathimah N.

3 Warna Buah Anggur dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Kuliner | Monday, 12 Jun 2023, 01:30 WIB
Ilustrasi Buah Anggur.

Secara umum, anggur dikenal terbagi menjadi 3 warna yakni anggur merah, anggur hitam, dan anggur putih kehijauan. Anggur merupakan tanaman perdu yang merambat dari famili vitaceae yang memiliki akar tunggang dan batang bulat yang jelas berkayu. Buah ini mudah ditemukan dan digemari banyak orang karena rasanya yang manis.

Anggur diketahui memiliki beragam kegunaan dan manfaat, terutama terhadap kesehatan tubuh. Buah anggur mengandung banyak antioksidan dan mampu menstabilkan tekanan darah hingga dapat mencegah penyakit kanker. Berikut ini adalah ulasan lengkap mengenai warna-warna anggur beserta manfaatnya untuk kesehatan.

Manfaat Buah Anggur Berdasarkan Warnanya

1. Anggur Merah

Anggur merah yang memiliki rasa cenderung manis dan sedikit asam ini mengandung senyawa flavonoid resveratrol yang cukup tinggi. Struktur kimia senyawa ini menyerupai struktur estrogen sintetis dan membantu mencegah gejala menopause. Selain itu, anggur merah juga memiliki kandungan kuersetin yang merupakan jenis antioksidan yang baik.

Riset menunjukkan bahwa anggur merah dapat membantu menjaga kestabilan tekanan darah, menurunkan risiko alergi, hingga mengendalikan gejala masalah sistem imun seperti gejala arthritis rheumatoid. Anggur merah juga diyakini memiliki komponen yang dapat melindungi tubuh dari kanker payudara, kanker paru, dan kanker usus besar.

2. Anggur Hitam

Sama halnya dengan anggur merah, terdapat resveratrol pada anggur hitam. Bahkan, kandungan zat tersebut lebih banyak berada dalam anggur hitam daripada di anggur merah. Semakin gelap warna kulit buah anggur, maka semakin banyak kandungan resveratrol di dalamnya. Zat resveratrol ini memiliki manfaat sebagai anti-aging, serta dapat menjaga kestabilan tekanan darah yang berdampak pada kelancaran sirkulasi darah dan kemudian membuat kinerja jantung menjadi lebih baik.

Konsumsi anggur hitam yang dilakukan secara rutin juga akan membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Anggur hitam juga memiliki beberapa manfaat lain yaitu menyehatkan rambut, memperbaiki kualitas tidur, dan meningkatkan fungsi otak. Polifenol dalam anggur hitam bisa membantu mengelola kadar gula darah, sehingga anggur ini juga bermanfaat dalam mencegah diabetes.

3. Anggur Hijau

Anggur yang satu ini cukup berbeda dengan dua anggur sebelumnya. Anggur ini memiliki warna kulit putih kehijauan, dengan daging buahnya berwarna putih. Anggur hijau dikenal memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Salah satunya yaitu berjenis katekin, yang bermanfaat sebagai antiradang yang baik sehingga dapat membantu membersihkan tubuh dari zat-zat yang berbahaya.

Manfaat lain dari anggur ini adalah dapat menyehatkan kulit, menurunkan berat badan, serta menjaga kekebalan tubuh. Buah manis ini juga mengandung vitamin C yang berfungsi sebagai antioksidan, vitamin K yang berperan membekukan darah dan menyehatkan tulang, dan kalium yang penting untuk mengatur tekanan darah dan menjaga kesehatan jantung.

Dari Ketiga Warna Anggur, Mana yang Paling Sehat?

Anggur hitam dapat dikatakan sebagai pilihan terbaik dalam hal mengonsumsi anggur untuk mendapatkan nutrisi. Buah yang lebih gelap cenderung memiliki lebih banyak antioksidan. Hal ini berkat banyaknya polifenol yang ditemukan dalam warna kulit yang berpigmen. Blackberry, blueberry, dan anggur hitam mengandung jumlah terbesar.

Polifenol merupakan senyawa alami pada tumbuhan yang menyimpan berjuta manfaat untuk kesehatan. Jika dikonsumsi, zat ini berperan sebagai antioksidan yang mampu mengurangi angka kesakitan berbagai penyakit serius seperti kanker, diabetes, infeksi, hingga hipertensi. Oleh karena itu, anggur hitam adalah anggur paling sehat.

Meski begitu, setiap anggur tetap memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Anggur juga memiliki rasa manis dan sedikit asam yang cocok untuk dikonsumsi langsung maupun dijadikan olahan makanan. Yuk, mulai konsumsi buah anggur secara rutin!

Oleh: Auliya Fathimah Nur, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Airlangga.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image