Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Susi Yanti Nurraini

7 Tips Praktis Memasak Nasi Agar Pulen, Andalkan Panci Anti Lengket!

Gaya Hidup | 2023-06-11 22:25:13
Source: dok. Pribadi/Susi Yanti Nurraini

Memasak nasi merupakan aktivitas harian yang tidak pernah ditinggalkan oleh kebanyakan orang. Hal ini dikarenakan nasi adalah makanan pokok bagi keluarga, khususnya di Indonesia. Kalau kata orang Jawa "belum kenyang kalau belum makan nasi".

Namun, memasak nasi bukan perkara yang sepele sekalipun sudah menjadi aktivitas harian. Untuk mendapatkan masakan nasi yang pulen butuh tips memasak nasi yang benar.

Nah, memasak nasi agar pulen menjadi PR besar bagi kebanyakan orang. Untuk itu, butuh tips praktis memasak nasi pulen agar momen makan bersama keluarga menjadi lebih nikmat khususnya jika ada momen keluarga seperti saat momen lebaran.

Yuk, simak tips praktis memasak nasi agar pulen. Panci anti lengket, masak nasi pun jadi lebih mudah.

1. Menggunakan beras berkualitas

Source: https://www.pexels.com/Ron Lach

Salah satu penentu hasil masak nasi adalah kualitas beras. Sebelum memasak, pastikan terlebih dahulu telah memilih beras yang memiliki kualitas bagus. Beras bagus lebih mudah penanganannya dibandingkan beras dengan kualitas biasa.

Ciri-ciri beras yang berkualitas adalah memiliki ukuran biji beras yang utuh, warna beras terang (tidak kuning/gelap) dan aroma beras tidak menyengat. Pada umumnya beras berkualitas memiliki kandungan gizi lebih tinggi. Sehingga tidak heran jika harganya pun juga lebih mahal.

2. Cuci beras dengan air mengalir

Source: dok. Pribadi/Susi Yanti Nurraini

Dalam proses memasak nasi yang perlu diperhatikan adalah cara mencuci beras. Mencuci beras dilakukan dengan menggunakan air mengalir. Kemudian, mencuci beras secara perlahan tanpa meremas terlalu kencang agar tidak merusak tekstur beras.

Mencuci beras juga tidak diperbolehkan terlalu sebentar atau pun lama, namun lakukan secukupnya dengan membilas 2-3 kali. Sehingga beras menjadi bersih dan kandungan gizi pada beras tidak ikut terlarut dalam proses mencuci beras.

3. Masak beras secukupnya

Source: dok. Pribadi/Susi Yanti Nurraini

Memasak beras harus disesuaikan dengan kebutuhan dan kapasitas rice cooker yang digunakan. Untuk kebutuhan makan keluarga lebih baik menggunakan rice cooker yang agak besar seperti Rice Cooker Miyako dengan kapasitas 1,8 liter beras (5 liter nasi). Cocok untuk momen bersama keluarga inti baik untuk sehari-hari atau saat momen lebaran.

Dengan pemilihan ukuran panci yang pas, maka memasak nasi menjadi lebih mudah karena sudah disesuaikan dengan kebutuhan keluarga. Sehingga tidak perlu berulang kali masak nasi, jadi lebih praktis deh.

4. Gunakan takaran air yang tepat

Source: dok. Pribadi/Susi Yanti Nurraini

Hal yang tidak kalah penting saat memasak nasi adalah takaran air yang tepat. Perbandingan antara beras dan nasi harus sesuai. Perbandingan tersebut bergantung pada jenis nasi yang dimasak.

Dengan perbandingan yang tepat, maka akan menghasilkan nasi dengan kematangan yang sempurna. Namun, jika takaran tidak tepat, maka bisa saja nasi yang dihasilkan agak keras atau justru terlalu lembek. Jadi, kenali dulu ya jenis beras yang akan dimasak!

5. Gunakan panci Nanoal

Source: dok. Pribadi/Susi Yanti Nurraini

Di era teknologi, tentu sudah ada produk rice cooker yang memudahkan dalam memasak nasi agar pulen dengan mengandalkan panci anti lengket. Yaitu Miyako Nanoal MCM 508 SBC, rice cooker dengan panci anti lengketnya 10x lebih tahan lama.

Selain itu, panci Nanoal pada Rice Cooker Miyako juga bebas PFOA (Perfluorooctanoic Acid) yang aman untuk kesehatan keluarga dan mudah dibersihkan.

Memilih Rice Cooker Miyako Indonesia merupakan salah satu faktor sukses memasak nasi agar pulen. Sehingga masak nasi menjadi jauh lebih mudah, baik untuk sehari-hari maupun saat momen kumpul bersama keluarga seperti saat momen lebaran.

6. Gunakan sendok nasi anti lengket

Source: https://www.pexels.com/Cats Coming

Nah, salah satu yang menunjang memasak nasi pulen anti lengket pada bagian panci adalah dengan menggunakan sendok nasi anti lengket. Yah, tentu saja dengan menggunakan sendok nasi bawaan rice cooker.

Hindari menggunakan sendok nasi yang berbahan aluminium karena dapat menggores bagian panci sehingga merusak lapisan anti lengket dari panci rice cooker. Nah, yuk mulai sekarang gunakan sendok nasi bawaan rice cooker, ya.

7. Aduk nasi setelah matang

Source: dok. pribadi/Susi Yanti Nurraini

Bagian terakhir namun tidak boleh dilewatkan, yaitu mengaduk nasi. Setelah indikator “cooking” pada rice cooker mati, tunggu sekitar 15 menit hingga nasi matang sempurna. Setelah itu, buka tutup rice cooker lalu aduk nasi secara perlahan. Tujuannya adalah memastikan tekstur nasi pulen dan tidak lengket pada bagian panci.

Nah, sekarang sudah tahu kan tips praktis memasak nasi agar pulen dengan mengandalkan panci Nanoal anti lengket. Yuk, coba tips di atas agar momen makan bersama keluarga semakin nikmat.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Terpopuler di

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image