Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Media Cirebon

Manfaat Ketika Menggunakan Aged Domain dalam Strategi SEO

Teknologi | Friday, 09 Jun 2023, 15:52 WIB

Mungkin banyak diantara kalian yang tidak tahu tentang apa itu aged domain? Jadi aged domain adalah domain yang telah lama atau menua telah terdaftar dan masih aktif hingga jangka waktu yang memang sudah ditentukan. Jangka waktu dari aged domain juga sebenarnya bisa bervariasi.

Tetapi umumnya aged domain merajuk pada domain yang memang sudah memiliki usia yang lama, setidaknya sudah berusia beberapa tahun. Sebab domain yang dianggap sudah lama memiliki nilai tambah dalam beberapa konteks, terutama dalam hal SEO dan juga reputasi dalam dunia online.

Tanpa berlama-lama, berikut merupakan beberapa manfaat ketika menggunakan aged domain dalam strategi SEO yang harus kalian ketahui seperti yang dilansir dari situs jasa aged domain terpercaya :

1. Otoritas yang Dimiliki Aged Domain

Kalian semua tahu tidak jika mesin pencari seperti Google cenderung memberikan sedikit lebih banyak kepercayaan pada domain yang telah ada selama jangka waktu yang lama seperti misalnya aged domain ini.

Domain yang telah bertahan lama dan mempertahankan reputasi baik cenderung dianggap lebih dapat diandalkan oleh mesin pencari Google.

2. Backlink Pada Aged Domain Lebih Kuat

Aged domain umumnya telah membangun jaringan backlink yang kuat karena memang sudah bisa dipercaya selama bertahun-tahun.
Backlink adalah tautan dari situs web lain yang mengarah ke domain Anda. Mesin pencari menganggap backlink sebagai indikator kepercayaan dan relevansi, dan memiliki backlink yang berkualitas dapat membantu meningkatkan peringkat SEO.

3. Indeksasi Pada Aged Domain

Domain yang telah ada selama jangka waktu yang lama cenderung seperti pada aged domain ini memang lebih sering diindeks oleh mesin pencari Google.

Ini berarti konten di dalam domain tersebut akan lebih cepat muncul dalam hasil pencarian, jika benar seperti itu maka akan memberikan keuntungan dalam hal visibilitas dan lalu lintas organik.

4. Reputasi dan Historis Aged Domain

Aged domain mungkin telah terlibat dalam kegiatan dan konten yang relevan dengan niche atau industri tertentu selama bertahun-tahun.

Jika domain tersebut sebelumnya digunakan untuk situs web yang populer, memiliki reputasi yang baik, atau terkait erat dengan niche Anda, itu dapat memberikan keuntungan tambahan dalam peringkat SEO.

Meski memiliki banyak sekali manfaat yang luar biasa, penting untuk kalian ingat jika usia pada aged domain juga bukanlah merupakan satu-satunya faktor yang mempengaruhi peringkat SEO. Sebenarnya ada banyak yang bisa juga untuk Anda pertimbangkan.

Seperti misalnya membuat konten yang berkualitas, struktur situs, kecepatan situs website Anda, faktor pengalaman pengguna, dan lain sebagainya. Selain itu, perlu diperhatikan bahwa membeli atau menggunakan aged domain yang telah kedaluwarsa atau dibeli dari pihak ketiga memiliki risiko tersendiri.

Itu dia alangkah baiknya untuk melakukan penelitian terlebih dulu. Penelitian aged domain juga harus dilakukan secara menyeluruh, itu semua bertujuan agar tidak adanya sanksi atau masalah yang terjadi sebelumnya, jangan lupa juga untuk memeriksa sejarah dan reputasi domain tersebut.

Lantas Apa Perbadaan Aged Domain dan Expired Domain?

Jadi aged domain dan expired domain adalah dua konsep terkait dalam industri domain, tetapi mereka memiliki perbedaan penting. Berikut adalah perbedaan antara aged domain dan expired domain yang wajib banget kalian tahu sebelum memutuskan untuk menggunakan yang mana:

1. Aged Domain:

- Aged domain merujuk pada domain yang telah terdaftar dan aktif selama jangka waktu tertentu, biasanya beberapa tahun.

- Aged domain telah memiliki sejarah yang mapan dan reputasi yang terbentuk selama bertahun-tahun.

- Keuntungan dari aged domain termasuk otoritas yang lebih tinggi di mata mesin pencari, jaringan backlink yang kuat, indeksasi yang lebih baik, dan mungkin memiliki relevansi dengan niche tertentu.

- Aged domain sering kali dihargai lebih tinggi dan bisa menjadi investasi yang lebih mahal dibandingkan dengan domain baru.

- Biasanya, aged domain masih aktif dan dimiliki oleh orang atau organisasi yang terus memperbarui dan mempertahankannya.

2. Expired Domain:

- Expired domain merujuk pada domain yang telah kedaluwarsa atau tidak diperbarui oleh pemiliknya.

- Saat domain tidak diperpanjang oleh pemiliknya atau tidak membayar biaya perpanjangan, domain tersebut dapat berakhir dan menjadi expired domain.

- Expired domain menjadi tersedia untuk dijual atau dilelang setelah masa kadaluwarsa.

- Expired domain bisa berusia berapa pun, dari yang relatif baru hingga yang sudah lama.

- Keuntungan dari expired domain termasuk kemungkinan memperoleh domain yang populer atau dengan backlink yang kuat dengan harga yang lebih rendah daripada harga pasar.

- Ada risiko terkait dengan expired domain, seperti domain yang memiliki masalah reputasi atau penalti SEO yang dapat mempengaruhi peringkat situs web.

Akhir Kata

Secara keseluruhan sebenarnya menggunakan aged domain memberikan banyak sekali keuntungan dalam dunia strategi SEO, tetapi tetap penting untuk memperhatikan faktor-faktor lain yang memengaruhi peringkat dan juga kualitas situs website Anda.

Jadi penggunaan aged domain atau expired domain semuanya dikembalikan lagi dengan kebutuhan Anda ya. Selamat mencoba dan semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk Anda.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image