Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Meuthia Nailacetta

Temanmu Curhat? Ini Dia Cara Efektif untuk Menjadi Pendengar yang Baik

Curhat | Thursday, 08 Jun 2023, 21:47 WIB
Sumber : Freepik

Dalam kehidupan sehari-hari, seringkali kita dihadapkan pada situasi dimana teman atau orang terdekat kita membutuhkan pendengar yang baik untuk menuangkan perasaan dan pikiran yang mengganggunya. Curhat adalah salah satu cara orang untuk mencari dukungan, berbagi cerita, atau mencari solusi untuk menghadapi masalah mereka. Sebagai seorang teman, tugas kita adalah untuk mendengarkan dengan penuh perhatian serta memberikan dukungan secara efektif.

Sebagian besar dari kita tahu betapa pentingnya memberikan dukungan kepada teman dan orang-orang terdekat. Tapi sering pula upaya kita gagal karena kita tidak sepenuhnya memahami bagaimana cara menjadi pendengar dan memberikan dukungan kepada orang lain secara efektif.

Lantas, bagaimana agar temanmu merasa nyaman curhat denganmu? Ini dia 4 hal yang harus kamu lakukan untuk menjadi pendengar yang baik dan memberikan dukungan kepada temanmu secara efektif!

Ciptakan suasana yang mendukung

Agar temanmu merasa nyaman untuk bercerita dan mengungkapkan emosinya, kamu harus menciptakan suasana yang mendukung. Sampaikan bahwa kamu bersedia untuk mendengarkan dan membantunya, seperti mengatakan “i’m here for you”. Ciptakan suasana yang hangat dengan menunjukkan kepedulianmu baik dengan ucapan maupun tindakan, seperti memberi pelukan atau belaian untuk menenangkan temanmu. Salah satu hal yang paling penting yang harus kamu ingat, ketika kamu sudah dipercaya untuk menjadi tempat temanmu bercerita, jangan lupa untuk menjaga kerahasiaanya ya!

Validasi emosi yang dirasakan

Validasi emosi ini dilakukan dengan mengakui emosi perasaan teman kamu, membenarkan perasaannya sesuai dari apa yang dialami, dan tawarkan untuk mendiskusikan perasaan dan pengalamannya. Contohnya ketika temanmu sedang bersedih, validasi emosinya seperti “kamu pasti sedih, ini bukan hal yang mudah, mungkin kamu mau membicarakannya?”.

Memvalidasi emosi itu penting, karena mengabaikan perasaan negatif tidak membuat perasaan tersebut pergi. Sedangkan memvalidasi emosi itu salah satu cara yang berhasil untuk menghibur temanmu.

Tawarkan informasi atau opinimu

Tawarkan informasi atau opinimu yang dapat membantu temanmu membingkai ulang situasi dari point of view yang berbeda. Karena, emosi muncul sesuai dari apa yang kita rasakan. Untuk mendapatkan sudut pandang yang berbeda kita perlu untuk berdiskusi dengan orang lain.

Tawarkan saran dari sudut pandangmu

Kamu harus berhati-hati dalam menyampaikan saran. Pertimbangkan perasaan temanmu, karena saran yang kamu berikan dapat terlihat seperti menggurui.

Kamu bisa minta izin terlebih dahulu, apakah temanmu bersedia jika kamu memberikan saran atau masukan. Kemudian jika dipersilakan untuk memberikan masukan, sampaikan secukupnya dan harus tetap relevan, serta jelaskan mengapa tindakan yang kamu sarankan efektif dan layak untuk dipertimbangkan.

Menghadapi teman yang curhat adalah kesempatan untuk memperkuat hubungan pertemananmu. Karena, dengan menjadi pendengar yang baik dan memberikan dukungan dapat membangun hubungan yang lebih dalam dan saling percaya dengan temanmu.

Itu dia 4 hal yang harus kamu lakukan untuk menjadi pendengar yang baik dan memberikan dukungan kepada temanmu secara efektif!

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image