Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Ghea Aprilia

Salmonella, Bakteri Jahat sebagai Agen Terapi Kanker

Teknologi | Thursday, 08 Jun 2023, 10:31 WIB

Bakteri merupakan suatu mikroorganisme yang biasa kita dengar dan terbayang-bayang dengan hal yang menakutkan, bukan? Begitupun dengan bakteri Salmonella typhimurium. Bakteri Salmonella typhimurium merupakan bakteri yang bersifat patogen sehingga banyak menyebabkan infeksi pada manusia maupun hewan. Bakteri tersebut sangat mudah kita temukan sehari-hari sehingga sering menyebabkan infeksi pada manusia. Salmonella typhimurium bisa dikatakan bakteri yang sangat mudah hidup dan berkembangbiak karena pertumbuhan yang bersifat aerob dan fakultatif anaerob, pada pH 6-8 dengan suhu pertubuhan sekitar 15-41 derajat celcius dengan suhu pertumbuhan optimum yaitu 37 derajat celcius.

Bakteri Salmonella typhimurium

Bakteri tersebut mudah ditemukan dan bisa menyebabkan diare pada tubuh manusia. Bakteri ini dapat hidup di saluran usus hewan yang ditularkan ke manusia melalui makanan yang terkontaminasi kotoran hewan. Selain itu, ketika kita mengonsumsi makanan yang kurang matang dan tidak dicuci dapat meningkatkan risiko terkontaminasi. Penyebab bakteri tersebut bisa membuat diare yaitu bakteri Salmonella typhimurium yang menghasilkan endotoksin, yaitu lipopolisakarida (LPS) yang terdapat pada dinding sel bakteri. Endotoksin ini memicu sistem kekebalan tubuh untuk melepaskan mediator inflamasi sehingga menyebabkan inflamasi usus halus dan mengakibatkan diare. Selain itu, bakteri tersebut menghasilkan eksotoksin, seperti enterotoksin dan cytotoxin, yang dapat merusak sel-sel epitel pada usus halus sehingga bakteri tersebut dapat menyebabkan diare dan penyakit lain pada manusia.

Mekanisme Salmonella typhimurium sebagai Agen Terapi Antikanker

Lalu, bagaimana cara agar bakteri Salmonella yang jahat ini bisa menjadi baik untuk melawan kanker? Jadi, Salmonella yang biasanya bersifat patogen direkayasa secara genetis untuk menghilangkan kemampuan virulensinya. Salah satu komponen bakteri, yaitu lipopolisakarida dihilangkan agar tidak menyebabkan diare dan gejala lainnya. Kemudian, dilakukan juga modifikasi pada strain bakteri agar tidak bersifat patogen. Strain VNP20009 dilemahkan dengan menghapus gen purI dan msbB untuk mengurangi kerentanan antibioti. Setelah itu, disisipkan agen anti tumor seperti siRNA dan sitokinin. Tidak hanya disisipkan agen anti tumor, diberikan juga kontrol pemicu ekspresi gen, yaitu dengan induksi diri, penginderaan lingkungan, maupun pemicu ekstraseluler.

Kemudian, bagaimana cara dari Salmonella typhimurium ini agar dapat melawan kanker dan tumor di dalam tubuh? Salmonella typhimurium akan diinjeksikan Salmonella typhimurium melalui aliran darah. Lalu, bakteri akan menargetkan sel kanker dengan mendeteksi glikoprotein dan mengikat sel kanker. Setelah Salmonella typhimurium mengikat dan menempel pada pembuluh tumor, bakteri ini akan berkembang biak membentuk koloni pada jaringan tumor serta mengambil nutrisi dari sel kanker. Bakteri juga akan mentransferkan RNA onkogen yang akan menghambat pertumbuhan jaringan tumor.

Potensi Salmonella typhimurium sebagai Agen Terapi Antikanker

Salmonella typhimurium sebagai terapi antikanker memiliki potensi dan cukup menjanjikan. Salmonella typhimurium tidak hanya bekerja secara spesifik untuk membunuh sel-sel kanker, tetapi bakteri ini juga dapat merangsang pembentukan sistem imun dan mencegah kembalinya pertumbuhan sel kanker. Penggunaan Salmonella typhimurium juga dapat mengatasi keterbatasan penetrasi kemoterapi dan berguna sebagai vektor untuk meningkatkan penekanan tumor. Selain itu, Salmonella typhimurium juga dapat menghambat angiogenesis tumor serta menginduksi kedua sel apoptosis dan autofag untuk membunuh sel-sel kanker. Potensi toksisitas dan respons imun inang terhadap agen bakteri telah dikurangi dengan adanya rekayasa genetika. Telah terbukti keefektifan Salmonella typhimurium dalam mengobati beberapa jenis kanker lainnya. Potensi yang dimiliki oleh Salmonella typhimurium ini layak untuk diteliti lebih lanjut karena banyak keuntungannya dibandingkan pengobatan konvensional antikanker lainnya.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image