Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Muhammad jafar Almansyur - Mahasiswa FH UNPAM

Tenggak Alkohol Campur Minuman Suplemen, 2 Remaja di Sukabumi Tewas

Edukasi | Thursday, 08 Jun 2023, 00:26 WIB

Tenggak Alkohol Campur Minuman Suplemen, 2 Remaja di Sukabumi Tewas

Oleh Muhammad JafarAlmansyur Mahasiswa FH Universitas Pamulang

Kronologi

Dua orang remaja inisial RZ dan MA tewas usai menenggak minuman keras (miras) oplosan di sebuah villa, Jalan Ujung genteng, Kabupaten Sukabumi. Mereka menenggak miras oplosan bersama tujuh orang temannya pada Jumat (28/1/2022). Setelah itu, keduanya mulai merasakan gejala akibat menenggak miras oplosan pada Sabtu (29/1/2022). Keduanya bahkan sempat dilarikan ke RSUD Jampang Kulon. "RZ meninggal dunia saat dalam perjalanan ke rumah sakit, sementara MA meninggal di IGD RSUD Jampang Kulon," kata Sekdes Kadaleman Agus Sugiri, Minggu (30/1/2022).

Kedua korban sebelumnya sempat dicari oleh keluarganya karena sudah seharian tidak pulang ke rumah. Saksi sempat melihat korban sedang berkumpul dengan teman-temannya. Korban terlihat sudah kepayahan dan muntah-muntah. Ajat Sudrajat, warga yang berada di lokasi mengatakan korban dan teman-temannya sudah berada di lokasi pesta miras sejak pukul 16.00 WIB.

Warga menemukan botol alkohol murni dan bungkus serbuk minuman suplemen. "Ada sekitar sembilan orang, minuman itu diaduk dengan botol air mineral. Lokasinya di Villa Assabaland, selain dua korban teman-temannya sebanyak tujuh orang selamat mereka adalah RB (18), AS (18), AK (18), JD (18), DD (21), JL (21) dan IK (24)," kata Ajat.

Menurut penulis kenakalan remaja identik dengan kekerasan atau keinginan yang kuat untuk mencoba hal yang baru yang terjadi karena perubahan fisik dan psikologis remaja yang tidak mengetahui jati dirinya, penyebab para remaja meminum minuman keras karna rasa ingin tahu mereka yang sangat besar dan biasanya terjadi karena lingkungan pergaulan mereka. Dan sebab akibat mereka seperti itu karena kurangnya pengawasan dari orang tua para korban sehingga membuat mereka menjadi pribadi yang bebas.

Sebagai orang tua seharusnya memberikan pengawasan kepada para anak-anak agar tidak melakukan tindakan yang merugikan masyarakat dan seharusnya para remaja di beri penyuluhan tentang betapa bahayanya alkohol bagi diri mereka yang dapat menyebabkan hilangnya kesadaran, kejang bahkan bisa menyebabkan kematian. Karena Dengan diberikannya penyuluhan kepada para remaja dapat mengurangi angka kematian yang terjadi karena alkohol.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image