Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Ukhudiah Kafanila

Tahukah Kamu? Sholat Terapi Terbaik Bagi Ibu Hamil!

Edukasi | Wednesday, 07 Jun 2023, 17:07 WIB

Mari Kupas Tuntas Sholat Terapi Terbaik Bagi Ibu Hamil

ilustrasi ibu hamil saat sholat (sumber gambar : pinterest.com)

Sholat merupakan rukun Islam yang ke-2, yang hukumnya wajib dilaksanakan bagi seluruh umat muslim, termasuk bagi ibu hamil. Selain sebagai ibadah, menariknya sholat merupakan terapi terbaik bagi ibu hamil. Pada dasarnya, gerakan shalat yang dilakukan oleh seorang muslim tidak terlepas dari bagaimana makna gerakan sholat itu sendiri. Tanpa kita sadari, gerakan sholat menyimpan banyak kebermanfaatan yang tentunya berhubungan dengan kesehatan. Berdasarkan literatur yang berjudul "Shalat Kebutuhan Dasar Manusia" oleh Prof. Dr. Bambang Purwanto, dr. MKes; Guru Besar Bidang Ilmu Faal, Kaprodi S2 Ilmu Kesehatan Olahraga Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga menjelaskan bahwa shalat dapat menyeimbangkan antara kebutuhan masukan dan luaran energi tubuh, dimana sholat dapat dikategorikan sebagai aktivitas fisik ringan yang mengeluarkan besaran energi 3 Met per menit. Luar biasa!

Lantas, bagaimana khasiat sholat bagi ibu yang sedang mengandung? Tentunya berpengaruh pada perkembangan janin, dan bacaan sholat serta ayat yang dilantunkan sang ibu didengar oleh Janin, sehingga ini juga berpengaruh pada kecerdasan Janin. Selain itu, gerakan sholat berupa sujud juga mampu meredakan hipertensi bagi ibu hamil. Bagaimana bisa? Sujud dilakukan dengan meletakkan dahi dan mencakup hidung, kedua telapak tangan, lutut, dan ujung kaki pada lantai. Sementara kita tahu bahwa pusat kehidupan, berada di kepala yang dimonitori oleh organ otak. Berdasarkan penelitian dari Habibi dan Hasbi (2015), Ketika ibu hamil sujud maka aliran darah menuju otak menjadi meningkat sehingga diharapkan kerja otak menjadi semakin optimal. Aliran getah bening dipompa ke bagian leher dan ketiak. Ketika posisi jantung berada di atas otak, hal ini menyebabkan darah yang kaya akan oksigen dapat mengalir dengan maksimal ke otak. Sehingga, aliran ini berpengaruh pada daya pikir seseorang. Oleh karena itu, pada saat sujud melakukannya dengan tuma’ninah, supaya darah mencukupi kapasitasnya di otak. Sujud juga dapat menghindarkan gangguan wasir, dikarenakan tekanan pembuluh darah di sekitar dubur dapat mereda.

Gerakan sujud juga dapat melancarkan ASI lho! Lantas bagaimana itu dapat terjadi? Berdasarkan penelitian Prof. H.A Saboe, dengan melakukan gerakan sujud, maka rongga dada akan berkontraksi, sehingga dapat memperbanyak kelenjar susu pada ibu hamil dan berdampak pada produksi ASI yang baik. Tak hanya itu saja, pada gerakan ruku' mampu meredakan sakit punggung. Berdasarkan penelitian Sudarso (2019) dari Jurnal Keperawatan, Vol 12, No 1, Ruku' yang sempurna apabila tulang belakang yang lurus sejajar dengan kepala, sehingga bila diletakkan segelas air di atas punggung tersebut tak akan tumpah. Dengan posisi kepala yang lurus dengan tulang belakang ini memiliki fungsi untuk menjaga kesempurnaan posisi dan fungsi tulang belakang (corpus vertebrae) sebagai penyangga tubuh dan pusat syaraf. Melalui posisi ini akan melatih relaksasi bagian tulang belakang sampai pinggang, tangan yang bertumpu di lutut berfungsi untuk relaksasi bagi otot-otot bahu hingga ke bawah juga memperlancar aliran daerah di daerah leher dan lengan. Demikian, khasiat gerakan sholat bagi ibu hamil yang menyimpan banyak manfaat dan mampu menjadi terapi terbaik bagi ibu hamil!

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image