Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Retizen Jawa Timur

Aksi Unik Komunitas Sablon Terbesar di Indonesia, Bagi-bagi Modal

Bisnis | Wednesday, 07 Jun 2023, 10:46 WIB
Bapak Sunoko dalam sambutan acara Gathering Sablon Jawa Timuran 5 di Banyuwangi.

Sablon Jawa Timuran merupan salah satu komunitas yang bergerak dibidang UMKM terutama dibidang sablon dan konveksi, awal berdirinyapun unik "awal berdirinya cuma buat kumpul - kumpul dan sharing - sharing masalah sablon supaya bisa menyelesaikan masalah yang ada", ujar Pak Sunoko.

Gathering Sebagai Dorangan Untuk Berkumpul

Acara Gathering sendiri sudah berlangsung semenjak tahun 2016 dimana setiap tahunnya memiliki tujuan yang berbeda beda, diawal pagelaran gathering hanya untuk kumpul - kumpul dan membicarakan teknis sablon, setelah itu tahun kedua berubah, hingga puncaknya setelah pandemi kemarin. "Pandemi kemarin tujuannya beda, lebih ke arah mempertemukan pelaku UMKM dan para industri bahan baku, karena keduanya sama merasakan efek pandemi dan perubahan pola bisnis juga", ujar beliau.

"Bagi - Bagi Modal" Saat Gathering

Semakin hari, semakin banyak pula pihak sponsorship yang ikut bekerja sama dalam acara ini, diacara terakhir saja lebih dari 50 sponshorship masuk ke acara komunitas kami, mulai dari Sponsor utama yaitu industri bahan baku kain "Nirwana Textile", Hotel aston, Toko Sablon SPS, Starplast, Devote Labels, ARC Steel, Wujud Unggul Bengkel Print dan masih banyak lagi lainnya. "Dana yang terkumpul dari Sponsor kami rupakan peralatan yang menunjang kegiatan sablon, tak kurang daro 200 juta kami bagi - bagikan kepada peserta".

Tujuan Utama Menaikkan Perekenomian UMKM

Kembali ketujuan berdirinya komunitas ini, adalah menaikkan taraf kesejahteraan yang mengikutinya. Organisasi ini non-profit sehingga tidak ada keuntungan signifikan selain peredaran problem Solved antar anggotanya. Acaranyapun setahun cuma sekali dilaksanan di bulan Desember.

Menjaring Aspirasi Selama Setahun

Didalam acara gathering, selalu ada pemateri dan diskusi, biasanya materi dan diskusi ini merupakan masukkan - masukkan yang telah diberikan oleh anggota komunitas dan disaring panitia untuk dijadikan bahan diskusi dan materi di acara gathering.

Menjadi Komunitas Sablon Terbesar di Indonesia

Semakin hari semakin banyak sekali anggota yang bergabung, "diacara terakhirnya kemarin 2022 di Banyuwangi hampir 2000 peserta yang mengikutinya, lima puluh persennya adalah anggota kita yang aktif, belum lagi yang gak bisa ikut", ujar beliau.

Harapan dari komunitas ini adalah semakin banyaknya anggota semakin banyak pula kolaborasi antar anggota dan problem solved melalui sharing - sharing baik secara pribadi atau regional, imbuh pak Sunoko.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image