Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Lovina Adiara

Sosok Ganjar Pranowo Yang Inovatif Dalam Meningkatkan Motivasi Kinerja ASN

Lainnnya | Monday, 05 Jun 2023, 19:38 WIB
Sumber : batam.tribunnews.com

Sosok Ganjar Pranowo, beliau merupakan Gubernur Jawa Tengah yang tengah melangsungkan periode keduanya, yakni 2018 hingga 2023 setelah berhasil menjalankan roda pemerintahan pada 2013-2018 sebagai periode pertamanya. Dirinya mudah dikenali oleh publik lantaran memiliki perawakan yang khas, yaitu rambut putih dan wajah yang ekspresif. Sepanjang perjalanan menjadi gubernur, banyak hal baru yang diterapkan dalam memberikan pelayanan sebagai upaya evaluasi dan peningkatan kinerja pemerintahan. Inisiasi hal baru ini mengantarkan banyak penghargaan yang diterima oleh Ganjar Pranowo, antara lain gubernur inovatif pada 2014 dan 2016 serta penghargaan Government Award 2019 yang diusung Sindo Weekly sebagai Indonesian Innovative Leader (jatengprov.go.id, 2019).

Sebagai pemimpin yang inovatif, sifat Ganjar Pranowo ini kemudian dituangkan secara langsung dalam praktik pemerintahan, khususnya dalam meningkatkan motivasi kinerja para Aparatur Sipil Negara (ASN). Melalui sikap serta tindakan positifnya, Ganjar Pranowo kerap kali dinilai dapat menjadi teladan inspiratif bagi para ASN serta dapat mempengaruhi motivasi dan semangat kerja mereka dengan pemberian contoh dedikasi dan integritas.

Ganjar Pranowo sendiri terkenal dengan karakternya yang terbuka, komunikatif, dan responsif terhadap masyarakat serta ASN yang dipimpinnya. Artikel ini akan membahas beberapa poin utama yang membuat Gubernur Jawa Tengah tersebut dinilai memiliki peran penting dalam meningkatkan motivasi kinerja ASN.

Peningkatan Kualitas dan Kompetensi ASN

Ganjar Pranowo membawa sebuah slogan yang merepresentasikan kepemimpinan yang bersih, terbuka, serta tidak membohongi rakyat, yaitu “Mboten Korupsi lan Mboten Ngapusi”. Slogan ini kembali dipertahankan dan dijadikan visi dalam periode keduanya, “Menuju Jawa Tengah Sejahtera dan Berdikari: Tetep Mboten Korupsi, Mboten Ngapusi”. Adapun penggambaran visi ini terealisasi salah satunya melalui penerapan sistem pencegahan korupsi melalui pembentukan program pendidikan antikorupsi dan penyuluh antikorupsi yang dinilai sukses dan berhasil mendapatkan apresiasi dari Komisi Pemberantas Korupsi (KPK) (ppdid.jatengprov.go.id, 2021).

Selain itu, Ganjar Pranowo turut mendorong dan mendukung program pelatihan dan pengembangan kompetensi bagi ASN melalui pelatihan, seminar, dan program pengembangan lainnya. Hal tersebut tentunya menjadi standar kualitas bagi para ASN untuk meningkatkan kualitas dan kompetensi diri mereka sehingga motivasi kinerja mereka senantiasa meningkat.

Komunikasi yang Responsif

Dalam berkomunikasi, Ganjar Pranowo dikenal masyarakat sebagai orang yang mempunyai bahasa ringan. Dirinya menggelar forum diskusi bersama masyarakat yang bernamakan “Ngopi Bareng” dimana masyarakat bisa menanyakan hal terkait perkembangan dalam segala aspek masyarakat. Hal tersebut tentunya akan berpengaruh pula kepada ASN, dimana Ganjar Pranowo ini seringkali memperkuat komunikasi dan keterlibatan antara dirinya dan ASN. Dengan mendengarkan masukan dan aspirasi ASN, serta memberikan pengarahan yang jelas dan inspiratis, tentunya hal tersebut akan berdampak pada peningkatan motivasi kinerja pada para pegawai ASN.

Pemberian Inspirasi, Motivasi, dan Apresiasi

Pemimpin inovatif akan mengoptimalkan aksi nyata dalam menginspirasi dan memotivasi bawahannya, dalam hal ini adalah para ASN. Kemampuan terkait inspirasi dan motivasi nantinya melahirkan antusiasme dan daya tarik ASN untuk turut memberikan yang terbaik dalam kinerja mereka. Para ASN tersebut diberikan motivasi untuk terus berinovasi dalam mencapai perkembangan sistem birokrasi dan pelayanan publik. Apresiasi yang dilakukan oleh Ganjar Pranowo terhadap ASN yakni diberikannya ruang kebebasan para ASN untuk berinovasi dalam perubahan yang positif, serta ASN yang memiliki prestasi layak untuk diberikan bonus dan promosi.

Beberapa poin diatas adalah poin-poin utama yang membuat Ganjar Pranowo dinilai memiliki peran penting dalam meningkatkan motivasi kinerja ASN.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image