Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image

Education: Pentingnya Makan Buah Untuk Memenuhi Vitamin Tubuh

Lainnnya | Monday, 05 Jun 2023, 15:44 WIB
https://images.app.goo.gl/RSns96FuRUKJB5xr7" />
https://images.app.goo.gl/RSns96FuRUKJB5xr7

Buah-buahan adalah sumber nutrisi terbaik untuk mendapatkan vitamin, mineral, serat, dan nutrisi. Tderlebih lagi i Indonesia juga terdapat banyak jenis buah yang bisa dipilih dan memiliki rasa yang nikmat. Jadi mulai sekarang tidak ada lagi ada alasan untuk tidak makan buah setiap hari. Faktanya, ada banyak keuntungan yang didapatkan bagi orang yang tinggal di negara tropis seperti Indonesia. Salah satunya adalah hadirnya keanekaragaman jenis tumbuhan yang menghasilkan beraneka ragam buah-buahan sehat yang bisa dikonsumsi setiap hari. Di kutip dari lansiran https://www.halodoc.com/artikel/ini-alasan-pentingnya-mengonsumsi-buah-buahan-setiap-hari menyebutkan seperti nanas, manggis, salak, hingga beberapa buah lain yang mungkin lebih jarang ditemukan di luar Indonesia. Buah-buahan ini pun terbukti memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Selain dapat mencukupi gizi harian, buah juga dapat mencegah penyakit. Para ahli pun menyarankan agar kamu mengonsumsi buah-buahan dan sayuran setidaknya 400 gram/hari agar tetap sehat.

Sumber Vitamin dan Mineral

Buah adalah sumber asupan vitamin dan mineral yang sangat baik. Beberapa nutrisi penting dari buah-buahan ini, seperti; folat, vitamin A, B, B1, B6, C, dan kalium. Kandungan vitamin dan mineral pada buah-buahan memang berbeda-beda, tetapi semuanya sama-sama memberikan nutrisi yang baik bagi tubuh. Terlebih lagi, sebagian vitamin dan mineral yang terkandung dalam buah juga mengandung antioksidan. Zat ini sangat penting untuk melawan radikal bebas dan menjaga sistem daya tahan tubuh agar tetap sehat.

Sumber Serat

Buah juga menjadi salah satu sumber serat makanan yang sangat baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan. Manfaat makan buah kaya serat akan menjaga kesehatan usus, mencegah sembelit, dan masalah pencernaan lainnya. Kebiasaan makan asupan tinggi serat dalam buah-buahan juga dapat mengurangi risiko kanker usus. Selain menjaga kesehatan pencernaan, makan-makanan berserat juga membantu menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh.

Mengurangi Resiko Penyakit

Alasan perlu makan buah-buahan setiap hari lainnya yang tidak boleh disepelekan adalah kemampuan mereka dalam menurunkan risiko penyakit kronis. Misalnya, gangguan jantung, kanker, hingga diabetes yang merupakan penyebab paling utama dari kematian. Sejumlah penelitian membuktikan, makan buah setiap hari bisa mengurangi risiko penyakit jantung hingga 7 persen. Rutin makan buah-buahan juga bisa membantu menurunkan tekanan darah dan mengurangi stres.

Pilihan Diet Sehat

Buah baik dikonsumsi secara rutin karena mereka masuk dalam asupan rendah lemak dan kalori. Namun, pastikan kamu mengonsumsinya dalam bentuk buah utuh atau jus yang tidak diberi gula atau bahan tambahan lainnya. Selain itu, pastikan kamu mengonsumsi buah dalam kondisi segar dan bukan olahan. Ini dimaksudkan untuk memperoleh manfaat yang optimal. Pada dasarnya buah memiliki banyak kandungan serat dan air, sehingga mengonsumsi buah dapat membuat rasa kenyang lebih awet, daripada asupan lainnya. Buah apel dan jeruk juga merupakan jenis buah yang kaya serat sehingga bisa membuat rasa kenyang lebih lama. Jadi sudah sangat terjawab mengapa makan buah adalah solusi dalam pemenuhan vitamin serta kesehatan tubuh.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image