Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Media Cirebon

Mengapa Transparansi Gaji Penting di Tempat Kerja?

Gaya Hidup | Monday, 05 Jun 2023, 01:02 WIB

Manajemen sumber daya manusia dipengaruhi oleh perencanaan, pengendalian, dan kepemimpinan yang terbuka untuk semua tingkatan internal tempat kerja. Hal ini bukan tanpa sebab, keterbukaan atau transparansi merupakan gerbang utama awal mula kepercayaan antara tempat kerja dan karyawan.

Kepercayaan ini akan membawa kerjasama yang lebih harmonis dan struktur kinerja yang berkualitas. Prinsip transparansi cukup populer di kalangan tempat kerja, layanan publik, dan pemerintah. Lantas mengapa Transparansi Gaji penting dalam tempat kerja?

Apa Itu Transparansi Gaji?

Transparansi gaji adalah sebuah strategi untuk membahas kompensasi karyawan di organisasi Anda. Meskipun strategi ini hampir selalu berdampak positif pada budaya perusahaan, strategi ini tidak terlihat sama di setiap tempat kerja.

Apakah perusahaan Anda memutuskan untuk menerbitkan rentang gaji untuk peran dan level, memasukkan gaji pokok dan tunjangan dalam deskripsi pekerjaan, atau mengungkapkan gaji semua orang sepenuhnya, Anda sengaja memilih untuk membangun kepercayaan antara perusahaan Anda, karyawannya, dan pelamarnya.

Opsi mana pun yang Anda pilih, transparansi gaji memungkinkan karyawan untuk melihat bagaimana gaji mereka dibandingkan dengan gaji rekan kerja mereka. Karyawan kemudian dapat melihat bahwa Anda ditawari gaji yang adil, setara, dan jalur yang jelas untuk pertumbuhan profesional. Sementara semakin banyak tempat yang mengharuskan pemberi kerja untuk memposting rentang gaji pada posting pekerjaan, hanya 12% gabungan di Amerika Serikat yang melakukannya.

Meskipun demikian, banyak perusahaan telah melihat keuntungan dari transparansi gaji, karena memberikan cara untuk tetap kompetitif dan menarik serta mempertahankan talenta yang tepat, belum lagi kesempatan untuk melakukan hal yang benar oleh karyawan Anda.

Mengapa Transparansi Gaji Penting Dalam Tempat Kerja?

Transparansi merupakan budaya kerja yang harus ada di semua tempat kerja. Setiap periode tempat kerja selalu melakukan operasi dan bisnis. Untuk itu diperlukan transparansi proses bisnis tempat kerja yang jelas. Melalui proses yang jelas dan tidak ditutup-tutupi, karyawan akan memahami proses kerja tanpa salah persepsi.

Kredibilitas tempat kerja dalam merekrut karyawan juga akan meningkat di mata karyawan. Karyawan di tempat kerja bekerja dalam tim untuk menyelesaikan dan berhasil dalam tugas-tugas tertentu. Sudah pasti kerjasama tim akan melibatkan karyawan untuk bekerja sama dengan karyawan lainnya. Kolaborasi yang dibangun atas dasar kepercayaan akan memiliki sinergi yang kuat dan menghasilkan kinerja yang jauh lebih memuaskan.

Selain proses dan bisnis, keterbukaan dalam tempat kerja juga erat kaitannya dengan data dan informasi. Sebagai Contoh keterbukaan pengolahan data dan informasi serta penghitungan gaji yang diterima setiap pegawai.

Pemberian gaji merupakan salah satu dari sekian banyak kewajiban yang harus dipenuhi oleh tempat kerja kepada karyawan. Memang terkadang nominal gaji seorang karyawan merupakan privasi yang harus dirahasiakan diantara karyawan lain untuk menghindari kecemburuan dan konflik internal. Bagi karyawan sebagai pekerja maupun perorangan berhak mengetahui rincian gaji yang menjadi haknya dan diterima setiap bulan.

Gaji setiap karyawan tentunya berbeda-beda tergantung dari lamanya karyawan tersebut bekerja, jabatan, tunjangan lembur, potongan pajak, dan lain sebagainya. Berdasarkan unsur gaji akan menghasilkan gaji bersih yang akan diterima karyawan.Oleh karena itu, karyawan berhak mengetahui potongan dan tunjangan apa yang mereka terima dalam gaji bulan itu.

Transparansi Gaji Antara Karyawan Dan Tempat Kerja

Gaji adalah masalah yang agak sensitif di lingkungan kerja. Apabila karyawan menerima gaji yang tidak sesuai atau terdapat indikasi ketidakjelasan perhitungan gaji yang diterimanya, maka karyawan akan meragukan kemampuan tempat kerja dalam mengelola dan memperlakukan karyawan dengan baik. Prasangka buruk akan menyebabkan karyawan kehilangan motivasi kerja dan mempengaruhi produktivitas karyawan.

Disinilah peran HRD untuk mewujudkan Gaji karyawan yang transparan dan akurat. Biasanya HRD akan mencantumkan slip gaji di daftar gaji bulanan sebagai detail dari setiap gaji yang diberikan kepada karyawan. Proses pembuatan slip gaji terlihat sederhana. Namun cukup sulit jika jumlah karyawan di tempat kerja sangat banyak dan menggunakan cara manual.

HRD harus membuat dokumen yang berbeda untuk detail slip gaji dan menghitung ulang setiap lampiran slip gaji untuk memastikan apakah data dan informasi gaji yang tercantum sudah benar sesuai dengan hak karyawan. Belum lagi penggunaan lembaran kertas yang memakan banyak tempat di meja. HRD justru dibuat ribet dan kurang fokus karena membuat detail gaji secara manual.

Padahal HRD ini juga memiliki tugas penting yang memiliki tingkat urgensi yang cukup tinggi yaitu pengelolaan dan pengembangan program kinerja karyawan. Jika HRD kewalahan dalam menyiapkan tugas administratif seperti menghitung detail slip gaji? Inilah saatnya HRD mencari solusi yang akurat dan efektif untuk mewujudkan transparansi Gaji.

Keuntungan Penerapan Transparansi Gaji

Ada tiga keuntungan yang bisa diperoleh perusahaan ketika menerapkan transparansi gaji, antara lain sebagai berikut:

Menciptakan Pengawasan Yang Lebih Baik

Bagi sebagian besar perusahaan transparansi adalah topik sensitif untuk dibicarakan, tetapi hal itu memberi tahu karyawan secara positif apa yang menjadi hak mereka. Termasuk di Whole Food, sebuah perusahaan retail ternama di Amerika.

Karena di perusahaan ini seluruh karyawan dapat dengan leluasa melihat gaji dan kompensasi seluruh karyawan, mulai dari level paling bawah hingga CEO. Mereka beranggapan bahwa dengan dihapuskannya kebijakan yang menjamin kerahasiaan gaji, justru akan menciptakan pengawasan publik yang lebih baik dan tentunya juga akan mengurangi resiko terjadinya kecurangan.

Membantu Mengurangi Kesenjangan Gender

Selain dapat Menciptakan Pengawasan Yang Lebih Baik, dalam Penerapan Transparansi Gaji juga dapat membantu mengurangi kesenjangan gender. Hal ini sangat berarti, karena saat ini masih banyak perusahaan yang menerapkan sistem pengupahan, gaji dan kompensasi yang lebih rendah bagi karyawan wanita dibandingkan karyawan pria.

Bahkan ketika mereka meminta kenaikan gaji, jumlahnya tidak sebesar yang diterima pekerja laki-laki. Ini juga berlaku untuk karyawan dari ras atau warna kulit tertentu, saat menegosiasikan syarat dan upah dengan pekerja kulit putih.

Membantu Meningkatkan Motivasi

Transparansi kebijakan gaji juga mampu meningkatkan motivasi pegawai. Ini membuat orang bekerja lebih keras, menjadi lebih produktif dan kolaboratif. Selain itu juga menepis berbagai prasangka dan rumor yang sering terjadi di tempat kerja saat makan siang tiba, yaitu berapa gaji yang diterima rekan kerja lain dengan beban kerja yang sama?

Karena seperti yang dikatakan Elena Belogolovsky, asisten profesor SDM di Cornell bahwa jika seorang karyawan tidak mengetahui gaji rekan kerjanya, tentu setiap karyawan akan memiliki pendapat tentang yang terburuk. Artinya, mereka dibayar lebih rendah dari karyawan lain. “Ketika setiap pegawai di suatu kantor tidak saling mengenal, maka tentunya akan timbul pemikiran bahwa mereka dibayar lebih rendah dari yang seharusnya.” sangat jelas.

Demikian ulasan tentang Mengapa Transparansi Gaji Penting Dalam Tempat Kerja? semoga bermanfaat.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image