Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Risca Ayu

Cara Menyembuhkan Penyakit Flu dengan Obat Herbal

Edukasi | Sunday, 04 Jun 2023, 17:42 WIB

Flu atau influenza adalah infeksi virus yang menyerang saluran pernapasan. Penyakit ini biasanya datang secara tiba-tiba dan berlangsung selama 7-10 hari.

Penyakit ini biasanya bisa sembuh dengan sendirinya tanpa harus minum obat flu bisa juga menggunakan obat-obatan flu alami atau herbal untuk meredakan gejalanya.

Lalu bagaimana cara menyembuhkan flu dengan obat-obatan herbal?

Berbagai Jenis Obat Flu Alami

Berikut ini adalah sejumlah obat flu alami yang bisa digunakan untuk meredakan sakit flu:

1. Madu

Madu merupakan salah satu obat flu alami yang telah digunakan sejak dulu. Ini karena madu mampu menenangkan dan melegakan sakit tenggorokan, serta mengatasi batuk. Manfaat tersebut dapat diperoleh karena madu kaya akan antioksidan dan memiliki efek antibakteri.

2. Jahe

Jahe sudah lama pula digunakan sebagai obat herba untuk mengatasi gejala flu, misalnya batuk, pilek, hidung tersumbat, dan sakit tenggorokan. Untuk memperoleh manfaat jahe sebagai obat flu alami, Anda bisa mengkonsumsi teh atau discuss rebusan jahe yang masih hangat.

3. Ginseng

Salah satu jenis ginseng, yaitu Panax quinquefolius, juga bermanfaat sebagai obat flu alami. Manfaat tersebut berasal dari senyawa ginsenoside di dalamnya yang bisa memperkuat sistem imun dan mempercepat proses penyembuhan flu.

4. Bawang putih

Sebuah studi menyatakan bahwa konsumsi bawang putih atau suplemen yang mengandung bawang putih selama 12 minggu dapat mencegah seseorang terkena flu dan mempercepat masa penyembuhan. Namun, manfaat tersebut masih perlu diteliti lebih lanjut.

5. Echinacea

Ada penelitian yang mengungkapkan bahwa konsumsi 900 mg echinacea dapat mengurangi keparahan gejala flu. Hal ini diduga karena kandungan senyawa anti radang di dalamnya yang bisa meringankan peradangan selama sakit flu, sehingga gejala flu bisa mereda.

6. Elderberry

Senyawa antosianin pada elderberry berkhasiat untuk memperkuat sistem imun dan mencegah seseorang mudah terinfeksi oleh infection flu. Selain digunakan sebagai obat flu alami, elderberry juga dapat digunakan sebagai obat alami untuk mengatasi gejala dari infeksi sinus.

7. Astragalus

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa senyawa flavonoid pada akar dan daun tanaman astragalus dapat mencegah infeksi infection penyebab flu. Astragalus juga dapat memperkuat sistem imun tubuh untuk melawan infection, sehingga kerap digunakan sebagai obat flu alami.

GEJALA FLU

1. Demam

2. Sakit kepala

3. Batuk-batuk

4. Sakit tenggorokan

5. Kelelahan

6. Menggigil

7. Nyeri otot

8. Hidung tersumbat

KAPAN HARUS BERKONSULTASI DENGAN DOKTER?

Jika sudah menjajal semua obat flu alami tetapi tak kunjung sembuh, ada baiknya jika langsung berkonsultasi dengan dokter.

Selain itu, konsultasikan apabila gejala flu sudah parah atau disertai dengan:

1. Demam tinggi

2. Sesak napas

3. Batuk parah

4. Ada dahak

5. Sakit dada

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image