Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Yusma Tiwi Dahniar

Upaya Melindungi Kulit dari Bahaya Paparan Sinar Matahari

Info Terkini | Saturday, 03 Jun 2023, 22:34 WIB
Sumber: dokumen pribadi

Akhir-akhir ini sejumlah wilayah di Indonesia tengah digegerkan dengan terik matahari yang begitu panas sekali, Paparan sinar matahari yang berlebihan dapat memiliki dampak negatif pada kesehatan kulit kita. Paparan sinar ultraviolet (UV) yang terdiri dari sinar UVA dan UVB dapat menyebabkan kerusakan kulit, penuaan dini, dan meningkatkan risiko kanker kulit. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mengambil langkah-langkah yang tepat guna melindungi kulit kita dari paparan sinar matahari.

Adapun terdapat banyak sekali langkah-langkah atau upaya yang dapat dilakukan untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

 

  1. Gunakan tabir surya: Penggunaan tabir surya dengan SPF (Sun Protection Factor) yang sesuai sangat penting, seperti sunscreen maupun sunblock. Pilihlah tabir surya dengan SPF minimal 30 PA+++ atau lebih tinggi, perhatikan ingredients produk yang digunakan agar sesuai dengan kebutuhan atau tipe kulit dan pastikan tabir surya tersebut melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB. Oleskan tabir surya secara merata di seluruh tubuh, termasuk wajah, leher, tangan, dan kaki sebelum terpapar sinar matahari. Jangan lupa untuk mengaplikasikan ulang setiap 2-3 jam baik didalam maupun diluar ruangan.
  2. Gunakan pakaian pelindung: Mengenakan pakaian yang melindungi kulit dapat membantu mengurangi paparan sinar matahari secara langsung. Pilihlah pakaian yang longgar dengan tenunan yang semakin erat atau tidak bolong-bolong, berwarna cerah, dan terbuat dari bahan yang menyerap keringat. Pakaian berwarna cerah terutama putih memang merefleksikan cahaya dan besar kemungkinan memantulkan cahaya keluar kulit, sedangkan pakaian yang cenderung gelap seperti hitam lebih menyerap cahaya sehingga menimbulkan rasa panas atau gerah.
  3. Gunakan topi, masker ataupun jaket untuk melindungi wajah, telinga, dan leher dari sinar matahari. Selain itu, gunakan kacamata hitam dengan perlindungan UV untuk melindungi mata dan kulit disekitar mata, karena saat terkena sinar matahari mata akan refleks untuk mengkerut atau memicingkan sehingga menimbulkan kerutan atau garis-garis halus pada area sekitar mata.
  4. Hindari paparan sinar matahari secara langsung terutama di waktu puncak: Sinar matahari paling intens dan berbahaya antara pukul 10 pagi hingga 4 sore. Jika memungkinkan, hindarilah berada di luar ruangan selama periode ini. Jika Anda harus beraktivitas di luar ruangan, carilah tempat teduh seperti payung atau gazebo untuk melindungi diri dari sinar matahari langsung.
  5. Perhatikan perawatan kulit: Selain langkah-langkah yang disebutkan di atas, perawatan kulit yang baik juga penting untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Gunakan produk perawatan kulit yang mengandung antioksidan dan bahan-bahan yang dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. Juga, ingatlah untuk menjaga kebersihan kulit sehingga membantu menghilangkan kotoran, keringat, dan sisa tabir surya yang tertinggal dan serta menjaga kelembaban kulit dengan menggunakan produk atau ingredients yang sesuai.

Melindungi kulit dari paparan sinar matahari adalah langkah yang penting dalam menjaga kesehatan kulit dan mencegah kerusakan yang tidak diinginkan. Dengan mengikuti langkah-langkah perlindungan tersebut, kita dapat terlindungi dari sinar matahari dengan aman sambil tetap menjaga kulit agar tetap sehat dan terlindungi.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image