Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image

Perpustakaan Vs Internet

Eduaksi | Saturday, 03 Jun 2023, 13:14 WIB

Revolusi teknologi lambat laun telah berdampak pada bidang literasi. Hal ini dapat dibuktikan melalui banyaknya media cetak yang akhirnya melakukan kemas ulang informasi ke dalam bentuk yang lebih mudah diakses dimanapun dan kapanpun. Bahkan perpustakaan juga melakukan kemas ulang informasi, hal ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan serta kepuasan pemustaka dalam mencari informasi yang cepat, tepat, dan relevan. Lalu, apakah ini berarti bahwa perpustakaan akan digantikan dengan kecanggihan teknologi? Masih perlukah adanya perpustakaan konvensional?

Perpustakaan merupakan sarana yang penting dan besar pengaruhnya terhadap pembentukan kualitas sumber daya manusia. (Ratna, 2017) mengatakan bahwa maju-mundurnya suatu bangsa dapat dilihat dari perpustakaannya, karena perpustakaan merupakan salah satu pranata sosial yang diciptakan, digunakan dan dipelihara oleh masyarakat. Maka dari itu, keberadaan perpustakaan tidak bisa digantikan atau bahkan dihilangkan begitu saja. Tetap harus ada wujud konkret dari perpustakaan.

https://pin.it/5pBZiYa

Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa kini masyarakat lebih memilih untuk mencari informasi di internet dibandingkan datang dan mencari di perpustakaan. Hal ini disebabkan karena mereka lebih memilih yang mudah diakses daripada harus mengeluarkan tenaga untuk datang ke perpustakaan terdekat. Padahal jika dilihat, perpustakaan mempunyai koleksi yang lebih akurat dan mendalam terhadap suatu topik informasi dibanding dengan informasi-informasi di internet yang terkadang tidak teruji kebenarannya. Memang benar dalam aspek kepraktisan internet adalah juaranya, namun ada banyak hal yang dapat kita lakukan di perpustakaan yang tidak bisa kita lakukan di internet. Contohnya, menikmati suasana perpustakaan yang tenang dan hening. Belajar di perpustakaan mempunyai sensasi yang tidak ada duanya. Peraturan tidak boleh berisik di perpustakaan sangat berpengaruh dalam kinerja saya dalam belajar maupun mengerjakan tugas. Suasana yang tenang dan hening membuat otak jernih dan dapat berpikir dengan rileks. Tak hanya itu, apabila saya membutuhkan informasi yang sulit untuk saya temukan, ada pustakawan yang selalu siap sedia untuk membantu menemukannya.

Dengan ini, dapat disimpulkan bahwa perpustakaan memiliki lebih banyak benefit bagi para penggunanya. Perpustakaan memiliki banyak macam program dan fasilitas untuk menunjang kepuasan pemustakanya. Internet memang mudah dan praktis, tetapi perpustakaan lebih solusional.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image