Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image yovanny dina

Mindful Eating: Kesadaran Penuh Saat Makan

Gaya Hidup | Saturday, 03 Jun 2023, 09:48 WIB

Makan merupakan kegiatan yang tidak dapat ditinggalkan oleh manusia. Tentunya makanan yang masuk ke dalam tubuh akan diolah menjadi energi. Energi tersebut akan kita gunakan ketika melakukan aktivitas sehari-hari. Terkadang, banyak orang yang tidak memperhatikan apa saja makanan yang ia makan, teratur tidaknya waktu makan yang ia jalani, dan juga fokus tidaknya ia makan tanpa melakukan aktivitas lain. Jika hal tersebut dilakukan secara terus-menerus, tentu akan berbahaya terhadap kesehatan tubuh tanpa kita sadari. Oleh karena itu, penerapan mindful eating saat makan sangat diperlukan.

Apa itu mindful eating?

Mindful eating adalah kegiatan menikmati makanan dengan memanfaatkan semua indra tanpa pertimbangan. Dalam artian, ketika makan kita memperhatikan jenis dan banyaknya makanan yang masuk ke dalam mulut. Pada dasarnya, mindful eating melibatkan emosi saat merasakan makanan serta isyarat internal dan eksternal dalam tubuh. Isyarat internal itu sendiri digunakan untuk menghindari konsumsi makanan yang berlebihan dan isyarat eksternal digunakan untuk membantu mencapai kesadaran saat makan, seperti lapar dan kenyang. Istilah mindful eating ini telah menjadi metode untuk mendorong kesadaran seseorang dalam merawat dirinya sendiri dengan baik.

Tujuan Mindful aeting bukanlah sebagai metode untuk menurunkan berat badan. Hal ini tidak ada kaitannya dengan kalori, karbohidrat, lemak, atau protein. Mindful eating itu sendiri bertujuan untuk membantu menikmati momen makanan dan mendorong kehadiran penuh pengalaman makan. Akan tetapi, ketika mindful eating itu telah kita terapkan maka kita akan tahu seberapa banyak kebutuhan makan yang dapat diterima oleh tubuh. Dengan demikian, berat badan akan tetap terjaga kestabilannya.

Bagaimana cara mindful eating diterapkan?

Beberapa cara praktis untuk menerapkan mindful eating saat makan, antara lain mengunyah makanan secara menyeluruh sebelum menelan, minum air antara gigitan makanan, menikmati aroma dan rasa makanan, menggunakan piring dan mangkuk yang lebih kecil, mematikan televisi dan komputer sewaktu makan, dan menciptakan pengalaman yang menyenangkan seputar makanan dan makan. Berikut sikap-sikap yang berkaitan dengan penerapan mindful eating.

 

  • Tidak menghakimi

Hal pertama yang anda temui adalah penilaian anda terhadap sebuah makanan. Apakah anda menyukainya atau tidak? Mulailah proses makan dengan mengesampingkan pendapat anda terhadap sebuah makanan.

 

  • Sabar

Sudah jelas bahwa seseorang harus bersabar untuk makan dengan penuh kesadaran. Butuh waktu untuk menyadari momen demi momen.

 

  • Percaya

Dengan memperhatikan dan menghargai apa yang kita rasakan terhadap makanan yang berbeda, kita menjadi lebih menerima diri sendiri dan karenanya kita akan lebih percaya diri.

 

  • Menerima

Menerima hal-hal positif seperti rasa yang luar biasa dari suatu makanan atau menerima penilaian diri kita sendiri tentang ketidaksukaan terhadap sebuah makanan.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image