Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Slamet Samsoerizal

Microsoft Jadikan Edge Tempat yang Nyaman untuk Jelajahi Situs

Teknologi | Friday, 02 Jun 2023, 19:02 WIB
Pemutakhiran Microsoft lewat Edge (Tech Radar/SSDarindo)

Menjaga keamanan online jadi jauh lebih mudah bagi pengguna Edge berkat pembaruan keamanan utama dari Microsoft. Raksasa perangkat lunak itu mengungkapkan sedang mengerjakan pemutakhiran untuk browser webnya yang akan menghadirkan keamanan yang ditingkatkan sebagai default untuk pengguna di mana saja.

Termasuk dalam kaitan ini, menambahkan sistem operasi tambahan dan perlindungan perangkat keras untuk Edge yang menurut perusahaan, jika digabungkan, akan membantu memberikan pertahanan mendalam, membuatnya lebih sulit dari sebelumnya untuk situs jahat menggunakan kerentanan yang belum ditambal untuk menulis ke memori yang dapat dieksekusi dan menyerang pengguna akhir.

Mengutip dari laman Tech Radar, ke depan pengguna sekarang akan melihat spanduk tambahan dengan kata-kata "keamanan tambahan" di bilah navigasi URL di Edge, langsung memberi tahu Anda bahwa Anda memiliki perlindungan ekstra untuk situs tertentu itu.

"Microsoft Edge menambahkan perlindungan keamanan yang ditingkatkan untuk memberikan lapisan perlindungan ekstra saat menjelajah web dan mengunjungi situs asing," tulis perusahaan itu dalam posting blog yang mengumumkan berita tersebut.

Platform web dirancang untuk memberi Anda pengalaman menjelajah yang kaya menggunakan teknologi canggih seperti JavaScript. Di sisi lain, kekuatan itu dapat diterjemahkan menjadi lebih banyak paparan saat Anda mengunjungi situs jahat. Dengan mode keamanan yang ditingkatkan, Microsoft Edge membantu mengurangi risiko serangan dengan secara otomatis menerapkan pengaturan keamanan yang lebih konservatif di situs yang tidak dikenal dan beradaptasi dari waktu ke waktu saat Anda terus menjelajah."

Keamanan lebih untuk Edge

Pengguna akan dapat membuat pengecualian untuk situs web tepercaya tertentu, yang memberikan keamanan yang ditingkatkan dapat dinonaktifkan atau diaktifkan secara permanen. Admin perusahaan juga dapat mengonfigurasi agar situs web tertentu diblokir atau diizinkan.

Dalam entri peta jalan resmi Microsoft 365, perusahaan mencatat bahwa mode keamanan yang ditingkatkan diaktifkan secara default ke mode "Seimbang" untuk sistem x64 Windows, x64 macOS, x64 Linux, dan ARM64.

Pembaruan masih terdaftar sebagai "dalam pengembangan" untuk saat ini, tetapi memiliki tanggal mulai peluncuran yang dijadwalkan Juli 2023, ketika pengguna di seluruh dunia akan dapat mengaksesnya.

Angka Statcounter terbaru menunjukkan bahwa upaya berkelanjutan Microsoft untuk mendorong pengguna menuju Edge mungkin tidak memberikan efek yang diinginkan. Laporan terbarunya menemukan bahwa Edge telah kehilangan tempat kedua di pasar browser global karena penawaran Apple Safari, yang sekarang mengklaim 11,87% pengguna, dibandingkan dengan Edge yang hanya 11% - meskipun keduanya tertinggal jauh di belakang pemimpin Google Chrome (66,13%). ***

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image