Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Fani Rahmawati

Investasi Emas: Simak Keunggulannya!

Bisnis | Wednesday, 31 May 2023, 19:45 WIB
Emas

Sebagai jaminan untuk masa depan, masyarakat Indonesia semakin banyak yang melakukan investasi. Berdasarkan hasil survei Jakpat, terdapat 87 persen masyarakat Indonesia yang telah melakukan investasi pada tahun 2022. Investasi masyarakat Indonesia dilakukan dengan berbagai jenis. Menurut 48% responden, emas dan perhiasan tetap menjadi jenis investasi paling populer di negara ini. Persentase tersebut menjadi yang tertinggi dibandingkan jenis investasi lainnya, seperti reksadana (34%), deposito maupun menabung logam mulia (29%), mata uang kripto (27%), saham (26%), aset properti (20%), dan berinvestasi lewat bisnis yang mereka tekuni (13%).

Survei Jakpat dilakukan pada 4-6 Juli 2022 di Indonesia dengan 2.333 responden berusia 15-44 tahun. Survei disebar melalui aplikasi mobile Jakpat dengan tingkat toleransi kesalahan di bawah 3 persen.

Investasi emas memiliki sejumlah keunggulan yang membuatnya menjadi pilihan yang populer bagi masyarakat dalam negeri. Berikut adalah beberapa keunggulan investasi emas:

1. Nilai yang Stabil

Salah satu keunggulan utama investasi emas adalah nilai yang stabil. Emas telah dianggap sebagai aset yang bernilai sepanjang sejarah manusia dan diakui di seluruh dunia. Emas sering kali dianggap sebagai lindung nilai terhadap inflasi dan ketidakstabilan ekonomi. Nilainya cenderung naik dalam jangka panjang, meskipun terdapat fluktuasi harga jangka pendek.

2. Likuiditas Tinggi

Emas adalah salah satu aset yang sangat likuid. Masyarakat dapat dengan mudah menjual emas dan mengubahnya kembali ke dalam bentuk uang tunai. Likuiditas yang tinggi ini memungkinkan untuk mengakses nilai investasi dengan cepat saat masyarakat membutuhkannya.

3. Perlindungan terhadap inflasi

Emas memiliki kecenderungan untuk naik nilainya selaras dengan meningkatnya tingkat inflasi. Seiring dengan meningkatnya biaya hidup, harga emas juga cenderung naik, sehingga dapat melindungi nilai kekayaan seseorang dari penurunan daya beli mata uang.

4. Nilai Sentimental

Emas juga memiliki nilai sentimental dan simbolik yang kuat. Emas sering dianggap sebagai simbol kemewahan dan kekayaan. Oleh karena itu, memiliki emas juga dapat memberikan kepuasan psikologis dan kebanggaan dalam kepemilikan aset berharga ini.

Namun, bahwa investasi emas juga memiliki risiko. Harga emas bisa naik turun, tergantung pada faktor-faktor seperti permintaan pasar, nilai mata uang, suku bunga, dan faktor-faktor geopolitik. Selalu bijaksana untuk melakukan riset, berkonsultasi dengan profesional keuangan, dan membuat keputusan investasi berdasarkan tujuan keuangan Anda.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image