Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image

Cuaca Panas di Indonesia yang Makin Menyengat

Info Terkini | Wednesday, 31 May 2023, 14:47 WIB

Indonesia merupakan salah satu negara tropis yang memiliki dua musim yaitu musim hujan dan kemarau. Dalam beberapa minggu terakhir, Indonesia mengalami suhu panas yang tidak biasa. Suhu panas yang belum pernah tercatat sebelumnya, telah menjadi berita utama di seluruh negeri.

Mengutip dari akun Instagram Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), tercatat pada 31 Mei suhu maksimal mencapai 36,4 derajat celcius di stasiun-stasiun BMKG yang ada di seluruh Indonesia. BMKG mencatat setidaknya ada empat stasiun cuaca BMKG yang melaporkan suhu udara melebihi 35 derajat celcius.

Lalu, apakah penyebab cuaca panas di Indonesia semakin menyengat?

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Republik Indonesia atau BMKG RI, mengungkap penyebab cuaca panas di Indonesia pada tahun 2023 ini bukanlah dipengaruhi gelombang panas atau heatwave, tetapi gerak semu matahari yang merupakan siklus tahunannya. Selain itu, Indonesia tengah memasuki musim kemarau yang didominasi cuaca cerah menyengat, kurangnya tutupan awan, dan dengan angin musim Australia yang umumnya bersifat kering dengan kelembapan udara yang kurang.

Dampak cuaca panas yang ekstrem ini sangat terasa di berbagai kota besar Indonesia. Wilayah DKI Jakarta dan Surabaya melaporkan suhu yang melampaui rekor tertinggi yang pernah tercatat. Masyarakat merasakan dampaknya secara langsung, dengan meningkatnya kasus kelelahan panas, dehidrasi, dan penyakit terkait cuaca.

Cuaca panas ekstrem yang menerpa Indonesia menjadi peringatan yang jelas akan urgensi perlindungan lingkungan. Sudah saatnya kita semua bahu-membahu dalam melawan perubahan iklim dan menciptakan masa depan yang lebih berkelanjutan bagi generasi mendatang.

Dengan langkah-langkah yang tepat dan kesadaran kolektif, kita dapat menghadapi tantangan ini dan menjaga Indonesia tetap nyaman untuk ditinggali oleh kita semua.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image