Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Auliya Fathimah N.

Kenali 10 Jenis Buah Anggur dari Seluruh Dunia, Ada yang Lonjong!

Kuliner | Tuesday, 30 May 2023, 17:03 WIB
Anggur Moon Drop (Moon Drop Grapes).

Anggur adalah buah yang ramai diminati sebab rasanya manis dan tidak sulit untuk ditemukan, bahkan tersebar hampir di seluruh dunia.

Biasanya, secara umum orang hanya mengetahui anggur terbagi menjadi 3 jenis warna yaitu anggur merah, hitam, dan hijau. Namun, faktanya anggur memiliki beragam jenis dan warna, dan bahkan hingga bentuknya pun bisa berbeda.

Berikut ini adalah ulasan tentang jenis-jenis anggur dari berbagai belahan dunia beserta manfaat dan kegunaannya.

1. Sultana

Sultana merupakan salah satu jenis anggur yang tumbuh di Turki, California, dan Australia. Anggur Sultana biasa dimanfaatkan menjadi kismis. Anggur ini berbentuk oval dengan warna hijau muda yang mengandung banyak gula. Sehingga, kismis yang dihasilkan dari Sultana yang telah dikeringkan memiliki rasa manis. Sultana mengandung gula alami untuk energi, serta kaya akan mineral dan antioksidan polifenol yang membantu meningkatkan kesehatan.

2. Sweet Jubilee

Sweet Jubilee tumbuh di daerah California dan termasuk salah satu varietas unggulan. Umumnya, Sweet Jubilee dimanfaatkan sebagai topping salad dan sebagai selai kacang. Anggur ini berbentuk oval besar dengan warna hitam dan rasa yang cukup manis.

3. Riesling

Jenis anggur ini dapat ditemukan di daerah beriklim sejuk seperti Australia dan Jerman. Buah anggur Riesling dimanfaatkan sebagai bahan pembuat wine hingga makanan pencuci mulut. Riesling memiliki kandungan mineral yang cukup tinggi. Varietas anggur ini juga enak dibuat menjadi buah kering.

4. Moon Drop

Anggur Moon Drop adalah varietas anggur biasa tanpa biji yang dikembangbiakkan di California secara khusus. Moon Drop memiliki bentuk lonjong yang menarik dan rasa yang manis. Anggur ini kaya akan antioksidan, menjadikannya camilan yang lezat dan sehat. Anggur Moon Drop memberikan banyak manfaat kesehatan, seperti membantu menjaga kesehatan jantung, meningkatkan regulasi gula darah, hingga membantu menjaga agar tetap terhidrasi.

5. Cotton Candy

Cotton Candy adalah jenis anggur yang sangat populer, yang dibudidayakan di Bakersfield, California. Sesuai namanya, anggur ini memiliki rasa seperti permen kapas, namun versi lebih sehat. Anggur ini dapat membantu mengurangi kadar kolesterol, membantu meredakan stress, hingga membantu menjaga pengelihatan.

6. Valiant

Anggur Valiant merupakan salah satu anggur yang dibudidayakan di daerah Alaska. Tanaman anggur Valiant menghasilkan kelompok buah kecil berkulit biru yang bagus untuk dijadikan anggur, jus, selai, jeli, campuran dalam kue, ataupun dimakan langsung.

7. Kyoho

Kyoho termasuk dalam jenis anggur terbesar yang sering ditemui. Buah berwarna hitam ini mulai dibudidayakan sejak tahun 1930. Buah ini biasa dihidangkan sebagai makanan penutup atau jus. Kyoho memiliki kulit yang tipis dengan rasa dagingnya manis, serta kaya akan vitamin. Anggur Kyoho berasal dari Jepang.

8. Pinot Noir

Pinot Noir biasanya digunakan sebagai bahan untuk membuat wine. Anggur ini berkulit tipis dengan daging buah berwarna ungu tua. Pinot Noir diketahui adalah buah yang sehat sebab anggur ini mengandung tingkat resveratrol yang lebih tinggi daripada varietas lainnya. Resveratrol merupakan zat anti-aging, yang juga berkhasiat menurunkan risiko penyakit jantung dan kanker. Pinot Noir merupakan buah anggur yang berasal dari Prancis.

9. Champagne

Anggur ini berasal dari Asia dan Yunani, namun lebih banyak ditemukan di Amerika Serikat dan Eropa. Jenis anggur Champagne memiliki rasa manis dengan tekstur yang lembut. Ukuran rata-rata anggur ini yaitu sebesar kacang polong. Anggur Champagne adalah anggur yang kaya akan antioksidan, mengandung resveratrol, serta sumber serat dan kalium yang baik.

10. Concord

Jenis anggur Concord memiliki warna ungu kebiruan dan biasanya dimanfaatkan menjadi olahan makanan. Anggur ini digunakan untuk membuat jus buah, selai anggur, dan makanan yang dipanggang. Concord kaya akan nutrisi, kandungan antioksidan yang tinggi, serta senyawa fenolik resveratrol, sehingga buah ini berkhasiat untuk mencegah kanker, anti-inflamasi, dan menjaga kesehatan jantung. Anggur ini berasal dari Concord, Massachusetts pada tahun 1849.

Nah, sudah tahu kan keunikan dari masing-masing jenis anggur di atas? Tidak hanya terasa lezat dan manis, anggur juga menawarkan manfaat yang baik untuk kesehatan, membuat buah anggur cocok dijadikan kudapan pencuci mulut atau camilan di waktu senggang. Jadi, mau coba anggur jenis apa dulu nih?

Oleh: Auliya Fathimah Nur, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Airlangga.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image