Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image imammudin achmad

Sejarah Olahraga Futsall

Olahraga | 2021-12-25 00:39:22

ARTIKEL SEJARAH OLAHRAGA FUTSALL

PENGERTIAN FUTSALL

Futsal adalah permainan bola yang dimainkan oleh dua tim, yang masing-masing beranggotakan lima orang. Tujuannyaadalah memasukkan bola ke gawang lawan, denganmemanipulasi bola dengan kaki. Selain lima pemain utama, setiap regu juga diizinkan memiliki pemain cadangan. Tidakseperti permainan sepak bola dalam ruangan lainnya, lapanganfutsal dibatasi garis, bukan net atau papan.

Futsal turut juga dikenali dengan berbagai nama lain. Istilah"futsal" adalah istilah internasionalnya, berasal darikata Spanyol atau Portugis, futbol (sepak bola) dan sala (dalamruangan).

SEJARAH FUTSALL

Futsal dipopulerkan di Montevideo, Uruguay pada tahun 1930, oleh Juan Carlos Ceriani. Keunikan futsal mendapat perhatian di seluruh Amerika Selatan, terutamanya di Brasil. Ketrampilanyang dikembangkan dalam permainan ini dapat dilihat dalamgaya terkenal dunia yang diperlihatkan pemain-pemain Brasil di luar ruangan, pada lapangan berukuran biasa. Pele, bintangterkenal Brasil, contohnya, mengembangkan bakatnya di futsal. Sementara Brasil terus menjadi pusat futsal dunia, permainan inisekarang dimainkan di bawah perlindungan FédérationInternationale de Football Association di seluruh dunia, dari Eropa hingga Amerika Tengah dan Amerika Utara serta Afrika, Asia, dan Oseania.

Penemu futsal adalah Prof. Juan Carlos Ceriani , Pria kelahiranBuenos Aires, Argentina 9 Maret 1907. Profesor yang jugaseorang guru pendidikan jasmani ini tercatat sebagai lulusanFederasi Amerika Selatan YMCA yang sekarang disebutFederasi Amerika Latin. Karirnya yang cemerlang di YMCA of Buenos Aires (Argentina) pada 1928-1929 , mengantarkannyamenjadi pelatih timnas sepakbola Portugal yang pada waktu itusedang melakukan persiapan untuk mengikuti piala dunia yang pertama.

Pertandingan internasional pertama diadakan pada tahun1965, Paraguay menjuarai Piala Amerika Selatan pertama. Enamperebutan Piala Amerika Selatan berikutnya diselenggarakanhingga tahun 1979, dan semua gelaran juara disapu habis Brasil. Brasil meneruskan dominasinya dengan meraih Piala Pan Amerika pertama tahun 1980 dan memenangkannya lagi padaperebutan berikutnya tahun pd 1984.

Kejuaraan Dunia Futsal pertama diadakan atas bantuan FIFUSA (sebelum anggota-anggotanya bergabung dengan FIFA padatahun 1989) di Sao Paulo, Brasil, tahun 1982, berakhir denganBrasil di posisi pertama. Brasil mengulangi kemenangannya di Kejuaraan Dunia kedua tahun 1985 di Spanyol, tetapi menderitakekalahan dari Paraguay dalam Kejuaraan Dunia ketiga tahun1988 di Australia.

Pertandingan futsal internasional pertama diadakan di AS padaDesember 1985, di Universitas Negeri Sonoma di Rohnert Park, California.

Berbicara tentang perkembangan futsal di Indonesia, tak bisalepas dari nama seorang Justinus Lhaksana, dia lah yang membawa Futsal ke Indonesia.

Pria kelahiran 28 Juli 1967 ini pernah menjabat sebagai pelatihtimnas futsal Indonesia pada tahun 2004 – 2007.

Dia pernah tinggal di Belanda selama 15 tahun dan memegangsertifikat kepelatihan futsal dari KNVB (Asosiasi SepakbolaBelanda) serta pernah melatih klub divisi utama negeri kincirangin ini.

Di masa kepemimpinan Justin, timnas Indonesia pernah meraihprestasi Internasional dengan memperoleh medali perunggupada SEA GAMES Thailand tahun 2007. Pada waktu ituIndonesia berhasil mengalahkan Laos dengan skor telak 11 – 1,

Dari data google trend yang saya ambil beberapa waktu lalu, perkembangan futsal di Indonesia semakin pesat dari tahun ketahun. Bahkan Indonesia menduduki peringkat ke 2 di duniatahun 2015 ini untuk negara dengan pencarian kata kunci futsal terbanyak.

Hal ini sejalan dengan kenyataan yang dapat kita lihat di lapangan. Sekarang ini banyak sekali bermunculan lapanganfutsal komersil di banyak kota. Dan hampir dapat dipastikansebagian besar jadwalnya sudah penuh dibooking selama 1 bulan. dari situ lah olahraga futsal kian di gemari dari kalangananak – anak, remaja hingga dewasa.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Terpopuler di

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image