Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Chita Belinda Amelia

Healing sebagai coping mechanism atau FOMO?

Gaya Hidup | Tuesday, 30 May 2023, 16:17 WIB

Berbagai macam istilah atau slang kini banyak tercipta. Salah satunya yaitu Healing. Healing berasal dari Bahasa inggris yang artinya adalah penyembuhan. Namun bukan itu arti healing dalam kamus gaul masa kini. Healing merupakan kegiatan untuk melepas penat masing-masing individu dengan melakukan hal yang menurutnya dapat mengurangi rasa stress. Sehingga Healing termasuk dalam salah satu coping mechanism. Coping mechanism sendiri merupakan salah satu strategi yang dilakukan individu untuk menangani rasa tertekan, stress, dan masalah lainnya.

Tren healing yang sering dilakukan remaja pada masa kini biasanya meliputi berbagai kegiatan seperti berlibur, menonton konser, mengikuti berbagai workshop, hingga menonton film kesukaan. Banyak remaja yang melakukan healing benar-benar karena ingin melepaskan penatnya. Namun, ada juga remaja yang melakukan healing karena rasa takut ketinggalan atau FOMO.

FOMO atau Fear Of Missing Out adalah sebuah perasaan takut ketinggalan karena tidak mengikuti kegiatan atau tren yang ada. Banyak remaja merasakan FOMO ketika melihat teman-temannya pergi untuk berlibur, menonton konser, dan kegiatan healing lainnya di sosial media. Sehingga tidak sedikit pula remaja yang melakukan healing dengan alasan takut ketinggalan atau FOMO.

sumber : https://www.instagram.com/p/CrjV48MP0Pf/?igshid=MzRlODBiNWFlZA==

Namun, permasalahan healing karena FOMO ini tidak selesai di situ saja. Karena dengan healing karena FOMO, banyak remaja yang memaksakan diri untuk berlibur, untuk menonton konser dan lain sebagainya. Memaksakan diri untuk berlibur, menonton konser, dan kegiatan healing lainnya ini kadang membuat konflik antara remaja dengan keluarganya. Remaja yang belum memiliki cukup uang untuk digunakan berlibur kadang memaksa keluarganya untuk memberikan uang demi memuaskan perasaanya padahal perekonomian keluarganya tidak cukup untuk hal-hal tersier. Ada juga remaja yang ingin mendapatkan uang hingga melakukan tindakan yang melanggar hukum. Seperti maraknya penipuan yang seringkali dilakukan oleh remaja. Banyak konser yang digelar di Indonesia, membuat kasus-kasus penipuan tiket konser banyak bermunculan.

Fenomena healing karena FOMO ini ada baiknya dihentikan. Berbagai cara dapat dilakukan untuk menekan rasa takut ketinggalan. Dapat dilakukan dengan memberikan peneguhan pada untuk fokus pada diri sendiri. Juga dapat membatasi penggunaan media sosial yang seringkali menjadi sumber rasa takut ketinggalan tren. Ada baiknya generasi muda memperbaiki perasaan FOMO ini agar tidak menjadi permasalahan.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image