Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image

Uang Elektronik? Apakah sangat Membantu Masyarakat?

Teknologi | Tuesday, 30 May 2023, 12:34 WIB
foto: Mindra Purnomo

Seperti yang kita ketahui semakin berkembangnya waktu semakin banyak inovasi yang dapat membantu kemudahan kehidupan manusia. Salah satu inovasi yang berkembang saat ini pada aspek jual beli. Perubahan yang terjadi yaitu menggitalisasi uang yang dapat digunakan untuk pembayaran. Hal itu, sering disebut cashless bagi sebagian orang.

Namun, apakah inovasi tersebut sangat membantu pembayaran dari pihak pembeli dan penjual? dari yang kita rasakan kali ini inovasi ini sangat membantu kita dalam pembayaran. Kita tidak perlu membawa uang tunai yang beresiko untuk kehilangan, cukup membawa handphone, kita sudah bisa membeli apa yang kita mau. Namun, ada juga hal negatifnya yaitu jika sinyal tidak memadai kita tidak bisa melakukan pembayaran.

Banyaknya aplikasi pembayaran digital membuat kita mudah dalam memilih aplikasi apa yang akan dipakai, maka dari itu ada inovasi bernama QRIS. Aplikasi tersebut memiliki fitur beruba barcode QR dan kita hanya perlu scan dan selesai pembayaran. Namun disayangkan edukasi mengenai QRIS tidak merata. Sering kita temui pedagang kaki lima yang belum tahu mengenai inovasi ini. Padahal inovasi ini bisa menaikkan jumlah penjualan.

Tidak hanya penjual yang masih belum teredukasi mengenai uang elektronik ini. sebagian orang menganggap uang tunai masih lebih mudah digunakan dari pada uang elektronik.

biasanya konsumen yang masih menggunakan uang tunai yaitu kalangan yang masih belum melek teknologi.

Menjadi tanggung jawab Bank Indonesia memberi edukasi mengenai uang non elektronik, hal ini dapat mencegah terjadinya inflasi di mana arus uang yang mudah disebarluaskan membuat mata uang stabil. Sedang diupayakan oleh Bank Indonesia mengenai uang elektronik ini dengan cara menggitalisasi sebagian pembayaran di fasilitas tertentu seperti pembayaran jalan tol, KRL, Transjakarta dan terkadang di beberapa event yang terdapat transaksi jual beli diwajibkan menggunakan uang elektronik.

Uang elektronik diciptakan untuk mempermudah pembayaran maka dari itu kita harus mengikuti perkembangan inovasi teknologi agar semua sektor ekonomi bisa maju. Bagi penjual maupun pembeli harus melaraskan teknologi ini supaya bisa terlaksana dengan efektif dan efisien.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image