Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image ema anisa

Mengurangi Tanda-tanda Penuaan dengan Emas Berukuran Nano

Teknologi | Monday, 29 May 2023, 00:40 WIB

Mulai khawatir dengan adanya kerutan dan garis halus pada wajah? Meski penuaan merupakan proses alami akan dialami seiring bertambahnya usia, hal ini mungkin dirasa mengganggu penampilan bagi beberapa orang. Setiap orang pasti ingin selalu tampil sempurna dan menarik tanpa adanya masalah pada kulit. Meski tidak dapat dihindari, penuaan kerap kali mempengaruhi berbagai aspek kehidupan, termasuk penampilan. Saat kita menua, tubuh akan mengalam berbagai perubahan termasuk pada kulit ditandai dengan munculnya garis-garis halus, kerutan, dan kulit kehilangan kekenyalan.

ilustrasi penuaan

Meskipun penuaan tidak dapat dihentikan, ada banyak cara untuk memperlambat dan mengurangi efeknya. Dengan menjaga gaya hidup sehat, seperti makan makanan bergizi, berolahraga secara teratur, tidur yang cukup, dan menghindari merokok dan alkohol, kita dapat membantu tubuh kita mengatasi penuaan. Selain itu, produk perawatan kulit juga dapat membantu mengurangi tanda-tanda penuaan dan meningkatkan penampilan kita. Dengan pesatnya kemajuan teknologi saat ini, produk perawatan kulit juga dibuat dengan menggunakan berbagai material dan teknologi terbaru seperti nanoteknologi.

Nanoteknologi kosmetik sendiri merujuk pada penggunaan bahan berukuran nanometer dalam produk kosmetik dan kecantikan. Bahan-bahan yang digunakan termasuk nanopartikel yang terbuat dari logam, mineral, polimer, dan bahan bahan organik lainnya. Dalam hal ini, nanoteknologi digunakan untuk meningkatkan kinerja produk kosmetik, termasuk kemampuan untuk menembus lapisan kulit agar produk dapat lebih mudah terserap dan memberikan manfaat antioksidan, anti-inflamasi, dan anti-aging yang lebih efektif. Telah banyak penelitian untuk membuktikan efektifitas nanopartikel untuk anti aging dengan hasil yang cukup menjanjikan. Salah satu nanopartikel yang telah diteliti untuk pembuktian ini adalah nanopartikel emas atau emas berukuran nano.

Beberapa penelitian pada manusia menunjukkan produk kosmetik anti aging dengan kandungan nanopartikel emasdapat membantu mengurangi kerutan dan garis halus. Pada penelitian “Effect of Gold Nanoparticles on Anti Aging: A Mini-Review” yang dipublikasikan di jurnal Molecules pada tahun 2019, para peneliti meninjau terkait beberapa penelitian sebelumnya terkait penggunaan nanopartikel emas dalam produk anti aging. Penelitian ini dilakukan pada 32 peserta wanita dengan rata-rata usia 51 tahun yang menggunakan serum yang mengandung nanopartikel emas selama 60 hari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan serum anti aging tersebut dapat mengurangi kedalaman kerutan kulit hingga 10,6%. Pada penelitian ini, para peneliti menemukan bahwa penggunaan nanopartikel emas dalam produk anti aging dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas, meningkatkan produksi kolagen, dan membantu mengurangi kerutan dan garis halus di wajah

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image