Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Slamet Samsoerizal

Kustomisasi Baru Google Chrome Bikin Peramban Lebih Menyenangkan

Info Terkini | Saturday, 27 May 2023, 20:28 WIB
Google (TechRadar/SSDarindo)

Di versi terbaru Chrome di desktop, Google telah menambahkan panel samping baru yang memungkinkan Anda mencoba banyak warna, tema, dan setelan baru yang menggembirakan. Meskipun banyak dari opsi ini sebelumnya tersedia di Chrome, opsi baru ini lebih mudah digunakan dan benar-benar memungkinkan Anda melihat perubahan yang Anda buat secara real-time.

Jika Anda tidak mengaktifkan pembaruan otomatis, Anda dapat memperbarui ke versi terbaru dengan membuka tiga titik di pojok kanan atas bilah alat lalu membuka Bantuan > Tentang Google Chrome.

Setelah diperbarui, bagaimana Anda menemukan alat penyesuaian Chrome? Buka tab baru dan Anda akan melihat ikon 'Sesuaikan Chrome' di pojok kanan bawah. Klik itu dan itu akan membuka sidebar baru. Bagian utama yang harus diutak-atik adalah bagian 'Penampilan' di bagian atas.

Dikutip dari laman Tech Radar, ini memungkinkan Anda mengubah dua hal besar – keseluruhan skema warna browser Chrome Anda dan gambar latar belakang, yang dapat Anda atur untuk diubah setiap hari. Klik 'Ubah tema' dan Anda akan melihat serangkaian opsi latar belakang default dari pilihan artis, atau yang lebih halus seperti bentuk geometris jika terlalu mengganggu.

Jika Anda tidak dapat memutuskan salah satunya, cukup alihkan opsi 'segarkan setiap hari' dalam setiap koleksi dan Chrome akan menggilirnya. Di samping tema-tema ini, Anda juga dapat memilih warna latar belakang untuk bilah alat dan tab Anda, berkat kisi di bagian bawah.

Ada 15 warna default untuk dipilih, meskipun Anda bisa menjadi sangat terperinci dengan alat pipet, yang memungkinkan Anda memasukkan nilai RGB Anda sendiri.

Alat penyesuaian Chrome yang diubah adalah sedikit peningkatan kualitas hidup yang bagus untuk pengguna biasa – bahkan jika itu tidak sedramatis browser Opera One bertenaga AI baru, yang memiliki chatbot bawaan yang disebut Aria.

Google sejauh ini enggan mengambil langkah itu, lebih memilih untuk mempertahankan chatbot Google Bard sebagai "eksperimen" terpisah yang Anda buka di jendela browser. Tetapi Bard akan segera mulai tampil lebih menonjol di produk Google, termasuk ponsel Chrome dan Pixel.

Google juga secara terpisah membuat beberapa perubahan besar di bawah tudung Chrome, dengan rencananya untuk mematikan cookie pihak ketiga bergerak maju dengan kecepatan rendah. Jadi, sementara Microsoft Edge sekarang bisa dibilang sebagai peramban yang lebih baik daripada Chrome, Google perlahan-lahan menemukan kembali perambannya di balik terpal.

Jika Anda ingin lebih menyesuaikan dan men-tweak Google Chrome agar sesuai dengan tema baru Anda, ingatlah bahwa ekstensi Chrome terbaik juga merupakan cara yang bagus untuk menambahkan fitur baru seperti tab yang secara otomatis menutup saat tidak aktif – selama Anda hati-hati terhadap ekstensi jahat yang dapat mencuri pesan Gmail Anda dan lainnya. ***

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image