Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Mochamad Fauzan Firmansyah

Dampak Perkembang Teknologi dalam Sektor Pendidikan Pasca Pandemi

Pendidikan dan Literasi | Friday, 26 May 2023, 13:12 WIB

Contoh dampak positif teknologi dalam bidang pendidikan. Hal ini yang belakangan menjadi amat tersorot, khususnya dalam dan pasca pandemi Covid-19 di seluruh dunia. Karena semua orang terpaksa diam di rumah, seluruh kegiatan sehari-hari yang biasanya dilakukan di luar rumah harus disesuaikan. Termasuk juga proses pembelajaran dan pendidikan di berbagai jenjang. Tanpa adanya teknologi komunikasi seperti saat ini, bisa dibayangkan bahwa kehidupan manusia akan terhenti. Namun dampak positif kemajuan teknologi membuat kesulitan malah menjadi sebuah perkembangan baru dari banyak sisi kehidupan.

Mayoritas pengguna teknologi saat ini adalah siswa Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang terkadang mereka menggunakan teknologi dengan berlebihan, seperti dari pagi hingga malam dan tak memandang waktu. Dampak positif yang banyak selalu diiringi oleh dampak negatif juga. Dampak positif teknologi di dunia pendidikan ini adalah kita bisa mencari hal-hal yang tidak dijelaskan saat di sekolah dengan internet.Kita dapat mengerjakan tugas dengan cepat karena adanya teknologi dan internet,kita bisa mengakses youtube dan lain lain sebagai media pembelajaran, kita bisa menggunakan fitur obrolan atau chat untuk bertukar pesan dan berbagi ilmu. Berikut adalah dampak positif kemajuan teknologi dalam sektor Pendidikan :

1. Inovasi Cara Pembelajaran

Kini memperoleh pendidikan, baik pendidikan wajib maupun tambahan, tidak lagi memiliki kendala kondisi. Belajar bisa dilakukan di mana saja, tanpa mengenal batasan lokasi, waktu, dan sistem. Pemanfaatan internet membuat belajar bisa dilakukan dengan mudah.

2. Menciptakan Metode Pembelajaran Baru

Pembelajaran kini amat dipermudah dengan metode digital. Memberikan demonstrasi mengajar, berbagi informasi, bisa dilakukan dengan berbagai cara. Misalnya dengan memanfaat Google Classroom, Zoom, Google Meeting, Youtube, Instagram, dan lainnya.

3. Lebih Mudah Mencari Informasi

Kemajuan IPTEK memberikan banyak dampak positif, salah satunya kemudahan dalam mengakses informasi. Hal ini tentu sangat membantu di bidang pendidikan, sehingga teman-teman bisa memperoleh banyak informasi dengan cepat.

4. Menghemat Waktu

Kemajuan IPTEK juga membuat teman-teman bisa menghemat waktu lebih banyak saat membutuhkan sebuah informasi. Bahkan teman-teman bisa memperoleh informasi secara lengkap hanya dengan menjelajahi internet.

Bagi siswa siswa sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP) untuk menggunakan teknologi harus selalu dalam pantauan orang tua, karena orang tua sangat berperan penting dalam pemantauan waktu penggunaan teknologi anaknya, contohnya saat jam sekolah saja atau di jam-jam tertentu. Sedangkan, untuk para mahasiswa dan yang lainnya harus mengetahui batasan-batasan saat menggunkan teknologi dan internet. Mahasiswa tidak boleh terpengaruh oleh dampak negatif dari teknologi informasi, serta mahasiswa harus sadar bagaimana cara penggunaan teknologi dengan bijak, baik, dan benar.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image