Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Lintang Khalisa

Dampak Kemajuan Teknologi Terhadap Isu Sosial Budaya di Indonesia

Teknologi | Friday, 26 May 2023, 05:24 WIB
Credit Freepik

Kondisi Indonesia saat ini sangat dipengaruhi oleh globalisasi sehingga berhubungan erat dengan teknologi dan hubungan sosial antar masyarakat di kehidupan sehari – hari baik dalam ruang lingkup pergaulan di sekolah, keluarga, sampai dengan agama, suku, ras, dan lain – lain. Kemajuan teknologi saat ini memudahkan masyarakat untuk saling terhubung satu sama lainnya, meringkankan pekerjaan, serta memudahkan akses untuk mencari pengetahuan yang lebih luas lagi. Globalisasi merupakan intesifikasi relasi-relasi sosial dunia yang menghubungkan lokalitas yang berjauhan sedemikian rupa sehingga peristiwa-peristiwa lokal sangat dipengaruhi oleh peristiwa yang terjadi jauh di seberang dan begitu pun sebaliknya. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi sangat cepat dalam beberapa tahun terakhir ini. Perkembangan ini dipastikan menyentuh, bahkan melahirkan pandangan baru pada semua bidang kehidupan manusia, baik sosial, budaya, ekonomi, politik, hukum, maupun pendidikan.

Era Digitalisasi memaksa masyarakat untuk menjalani kehidupan yang serba digital dan mengandalkan teknologi untuk mengatasi permasalahan sehari – hari. Namun begitu, teknologi juga dapat memberikan dampak negatif jika digunakan dengan tidak bijaksana. Pengunaan teknologi yang tidak bijaksana seringkali dikaitkan dengan kemajuan teknologi yang saat ini sedang berkembang pesat. Masalah sosial adalah perselisihan yang terjadi didalam masyarakat akibat dari interaksi sosial antar individu yang dalam keadaan normal, masyarakat akan saling berintegritas di dalam kehidupan yang sesuai pada hubungan unsur – unsur kebudayaan atau masyarakat. Salah satu permasalahan sosial yang terjadi akibat dari kemajuan teknologi adalah cyber bullying. Cyber bullying dapat terjadi akibat salah satu keunggulan teknologi yaitu memudahkan penggunanya dalam berkomunikasi namun kemudahan tersebut tidak digunakan dengan bijaksana sehingga terjadilah penyalahguaan teknologi. Selain itu, kemudahan masyarakat dalam mengakses informasi juga menjadi salah satu akibat dari kemudahan masyarakat dalam menerima informasi yang tidak valid atau hoax sehingga dapat berujung terjadinya perselisihan antar individu maupun kelompok. Selain itu, kemudahan masyarakat dalam mengakses informasi juga mempengaruhi masuknya budaya luar ke Indonesia sehingga dapat berpengaruh pada gaya hidup dan cara berkomunikasi yang cenderung kebarat - baratan.

Beberapa dampak nyata dari keberadaan serta perkembangan teknologi informasi dan komunikasi antara lain :

1. Menciptakan Kolonialisme

Kesenjangan akan selalu ada di muka bumi dan begitupun kesenjangan arus informasi yang ada. Munculnya teknologi komunikasi menyebabkan arus informasi dari negara maju ke negara berkembang cenderung tidak seimbang. Ketidakseimbangan ini menyebabkan masyarakat negara tertentu lebih banyak mengonsumsi informasi dari negara yang maju. Sehingga memungkinkan munculnya kolonialisasi yang sangat berpengaruh kepada budaya dan sosial masyarakat setempat.

2. Menciptakan Ketergantungan

Dengan segala kemudahan yang diberikan oleh teknologi informasi dan komunikasi, maka masyarakat seolah dimanjakan oleh ketersediaan akan segala kebutuhanya. Sebagian besar masyarakat pengguna teknologi informasi dan komunikasi saat ini semakin enggan untuk menggunakan alat-alat manual dan mulai meninggalkan pola – pola komunikasi antar personal untuk alasan efektivitas dan efisiensi. Masyarakat semakin sulit untuk melepaskan diri dari serba kecanggihan teknologi dan hal ini akan terus berlangsung dalam waktu lama sehingga semakin membawa masyarakat menjadi ketergantungan pada pemanfaatan teknologi. Sesuatu yang berlangsung lama inilah yang menyebabkan perubahan kebudayaan pada suatu masyarakat.

3. Perubahan Sikap dan Norma Masyarakat

Perubahan tidak dapat luput dari dua sifatnya, konstruktif dan destruktif. Seiring dengan berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi serta pemanfaatannya, perubahan sistem dan norma pun tidak dapat dihindari. Perubahan konstruktif terjadi ketika pemanfaatan teknologi digunakan untuk hal baik, bersifat profesional dan berintegritas.

Penggunaan teknologi dalam kehidupan sehari – hari tentunya sangat berguna bagi keberangsungan hidup masyarakat jika digunakan secara baik dan bijaksana. Sebagai mahasiswa Universitas Airlangga. Kami memiliki kewajiban untuk mengedukasikan kepada masyarakat terkait penggunaan teknologi dengan bijak dan tidak disalahgunakan. Selain itu, mahasiswa juga dapat mengambil bagian dalam kemajuan teknologi dengan saling berkolaborasi antar keilmuannya sehingga dapat menciptakan teknologi yang lebih membantu masyarakat tanpa adanya hal – hal yang merugikan kedepannya. Mahasiswa juga dipandang sebagai sosok yang dapat memberikan contoh langsung kepada masyarakat sehingga kami mulai hal tersebut dalam diri sendiri dengan cara tidak menyalahgunakan teknologi untuk berbuat hal yang merugikan, memilah informasi yang valid dan tidak valid, serta menggunakan teknologi sebaik – baiknya untuk mengatasi permasalahan sosial dan budaya di Indonesia.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image