Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Fadhilatur Rahma Annurriza

Mengapa Kurma Menjadi Makanan Favorit pada Bulan Ramadhan?

Info Terkini | Thursday, 25 May 2023, 23:03 WIB

Setiap tahunnya pada bulan suci Ramadhan, umat islam diseluruh dunia menjalankan ibadah puasa dari terbit fajar hingga matahari terbenam. Pada saat berpuasa, tubuh kita tentunya membutuhkan nutrisi yang cukup dan tepat untuk menjaga tubuh kita tetap sehat dan berenergi sepanjang hari. Salah satu makanan yang sering dikonsumsi ketika bulan ramadhan adalah buah kurma, bahkan saat ada acara pembagian takjil, kurma hampir selalu menjadi menu utama takjil tersebut. Pada saat berpuasa umat muslim dianjurkan untuk memakan 3 butir kurma sebagai makanan pembuka puasa, begitupun ketika sahur. Kurma bukan hanya makanan yang lezat, namun kurma juga memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

sumber : https://id.pinterest.com/pin/589338301213011236/

Berikut adalah alasan kurma menjadi makanan yang digemari pada bulan ramadhan :

1. Sebagai sumber energi

Kurma mengandung banyak karbohidrat, sukrosa, fruktosa, dan glukosa alami. Karbohidrat pada kurma dapat diserap dengan cepat oleh tubuh dan berubah menjadi energi yang tahan lama, hal ini sangat baik untuk memulai puasa ketika sahur. Selain itu, kurma juga dapat menjaga kadar gula darah agar tetap stabil, sehingga selama puasa tidak akan merasa lemas.

2. Memperlancar sistem pencernaan

Kurma dapat membantu memperlancar sistem pencernaan dikarenakan kurma memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. Pada sari kurma sendiri juga dapat membantu menjaga keseimbangan jumlah probiotik (bakteri baik) di dalam usus, sehingga saluran pencernaan tetap berjalan dengan lancar.

3. Menjaga kesehatan tulang

Kurma mengandung sejumlah mineral seperti fosfor, magnesium, kalium, dan kalsium, sehingga bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan kekuatan tulang.

4. Menghidrasi tubuh

Kurma memiliki kandungan air yang cukup tinggi dan juga mineral yang membantu menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit dalam tubuh sehingga dapat menghindari terkena dehidrasi selama berpuasa.

5. Baik untuk ibu hamil

Kurma mengandung nutrisi yang penting untuk kesehatan ibu hamil dan janinnya, seperti vitamin, mineral, serat, protein, karbohidrat, dan antioksidan. Dengan tercukupinya asupan nutrisi tersebut, dapat mencegah janin dari berbagai macam masalah kesehatan.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image