Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image YOSAFAT G.S

Mengulik Batam Kota Kecil di Kepri yang 'Kecil-Kecil Cabai Rawit'

Info Terkini | Thursday, 25 May 2023, 22:11 WIB

Batam adalah kota terbesar di Provinsi Kepulauan Riau dan memiliki posisi geografis yang strategis karena berdekatan dengan Singapura dan Malaysia. Karena posisinya yang strategis, Batam menjadi pusat perdagangan dan industri yang penting di wilayah tersebut. Karena letaknya yang strategis berbatasan langsung dengan dua negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura membuat pemerintah pusat menetapkan kota Batam salah satu dari empat kota yang mendapat titel “Free Trade Zone”. Selain itu Batam juga dikenal sebagai kota dengan infrastruktur memadai karena pembangunan infrastruktur seperti pelebaran jalan dan pembuatan flyover untuk membantu mobiltas para warga Batam. Terbukti pada tahun 2022 perkembangan ekonomi di kota Batam menurut blog , Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian yang dipublish pada tanggal 12 April 2023 dapat mencapai 6.84 %, lebih tinggi dari pertumbuhan nasional sebesar 5,31%. Hal ini menunjukan bahwa geliat pemulihan ekonomi di Batam dan Kepulauan Riau terus meningkat.

Potrer salah satu ruas jalan di Batam setelah pelebaran jalan

Pemerintah kota Batam dari beberapa tahun belakangan sedang gencar-gencarnya . melancarkan beberapa proyek pelebaran jalan di beberapa titik di kota Batam. Sejumlah jalan utama di batam mengalami perubahan karena renovasi tesebut. Hal ini diharapkan membantu meningkatkan ini diharapkan meningkatkan efisiensi transportasi dan mengurangi kemacetan di kota Batam proyek pelebaran jalan tersebut juga diharapkan meningkatkan mobilitas ekonomi di kota Batam.

Tidak hanya pembangunan infrastruktur jalan saja, dilansir dari batampos.co.id pada kamis 26 januari 2023 Direktur Utama PT BIB, Pikri Ilham mengatakan “Kita sudah melihat konsep desain yang ada di Bandara Changi Singapura dan Korea. Artinya tahap renovasi akan dimulai tahun ini paling lambat Juni 2023 diperkirakan renovasi ini memakan waktu 36 bulan dengan nilai kontrak Rp 2.18 triliun. Dilihat dari beberapa tahun belakangan pemerintah Batam amat gencar memperbaiki infrasruktur penting penggerak ekonomi masyarakat seperti jalan, pelabuhan bahkan juga bandara semoga diharapkan pembangunan infrasruktur ini menunjang ekonomi kota Batam dan semakin memajukan kesejahteraan masyarakat Batam bahkan juga pulau-pulau sekkitar Batam seperti Pulau Galang dan Pulau Rempang.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image