Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Annisa Kusuma Wardhani

Pencegahan Karies Gigi

Edukasi | Wednesday, 24 May 2023, 19:36 WIB

Karies gigi merupakan salah satu masalah kesehatan gigi pada jaringan keras gigi yang ditandai oleh rusaknya email dan dentin. Karies gigi juga dapat menyebabkan rasa sakit, infeksi, kerusakan gigi, dan bahkan kehilangan gigi jika tidak diobati dengan benar. Karies gigi yang sangat umum terjadi membuat masyarakat menjadi penting untuk mengetahui cara-cara pencegahan gigi karies dan berlubang. Berikut ini adalah beberapa cara untuk mencegah gigi karies.

1. Menjaga kebersihan gigi dan mulut

Hal yang paling sederhana yang dapat kita lakukan untuk menjaga kebersihan rongga mulut gigi dan mulut adalah dengan menyikat gigi. Untuk perawatan lebih lanjut dapat dilakukan scaling rutin. Pembersihan gigi ini bertujuan untuk menghilangkan debris agar tidak menjadi media bakteri berkembang.

2. Konsumsi makanan kariostatik

pH saliva dapat meningkat jika setelah mengonsumsi karbohidrat, dikonsumsi lemak. Selain itu, protein meningkatkan urea saliva untuk menetralisir asam. Oleh karena itu pengonsumsian makanan kariostatik baik.

3. Mengurangi konsumsi makanan yang manis dan asam

Makanan manis mengandung banyak karbohidrat yang lengkat dan mudah hancur di mulut. Hal ini berhubungan dengan pembentukan plak pada permukaan gigi yang kemudian bisa berubah menjadi karies.

4. Penggunaan fluor

Fluor dapat menghambat enzim pembentukan asam oleh bakteri, menghambat kerusakan email lebih lanjut, hingga membantu remineralisasi pada lesi awal karies. Sehingga fluor dalam jumlah kecil, misalnya pada teh, dapat menjadi anti bakteri dan anti plak.

5. Pit dan fissure sealant

Penggunaan pit dan fissure sealant yaitu penutupan pit dan fissure yang terlalu dalam dan beresiko terhadap pembentukan karies karena sisa makanan sulit dibersihkan.

6. Pemeriksaan rutin ke dokter gigi

Pada pemeriksaan ke dokter gigi langsung, tidak hanya karies yang dapat dicegah, tetapi juga berbagai masalah kesehatan rongga mulut yang lainnya. Hal ini dikerjakan oleh profesional yaitu seorang dokter gigi yang secara mekanis menggunakan alat-alat khusus maupun secara kimiawi.

Kesehatan dan kebersihan gigi sangatlah penting bagi setiap individu. Pencegahan terhadap salah satu jenis masalah pada artikel ini juga tidak sulit. Bila dibiasakan untuk merawat kesehatan rongga mulut, hal ini dapat menjadi poin lebih yaitu kebiasaan baik. Sehingga diharapkan masyarakat dapat lebih memperhatikan kesehatannya dan tidak menyepelekan rasa mulai tidak nyaman dalam dirinya terutama dalam rongga mulut.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image