Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Nurul Hidayah

Night Market Ngarsopuro, Tempat Healing bagi Orang yang Pusing

Wisata | Wednesday, 24 May 2023, 16:08 WIB
sumber : gambar pribadi

Kota Solo, kota yang memiliki berbagai tempat wisata diantaranya wisata religi, wisata budaya, wisata sejarah, wisata belanja dan wisata kuliner. Berbagai tempat wisata yang menarik dan diikuti dengan pengelolaan yang maksimal dapat memberikan kemajuan yang baik bagi perkembangan pariwisata di Kota Solo. Setiap tahunnya pariwisata di Kota Solo mengalami peningkatan sehingga jumlah kunjungannya juga semakin meningkat, hal ini dapat memberikan efek positif bagi pendapatan Kota Solo.

Untuk melengkapi tempat wisata yang ada biasanya dibangun pasar belanja. Nah, salah satu pasar belanja yang ada di Kota Solo adalah pasar Ngarsopuro. Pasar Ngarsopuro terletak di pusat Kota Solo sehingga mudah dijangkau dengan sarana transportasi apapun dan letaknya sangat strategis yaitu di depan Istana Mangkunegaran. Pasar ini menjual berbagai macam barang antik dan elektronik. Selain itu, pasar Ngarsopuro membuka “Night Market” atau pasar malam yang terletak di sepanjang Jalan Diponegoro di depan Istana Mangkunegaran. Pasar malam ini menjual berbagai macam barang seperti kerajinan tangan, aksesoris, pakaian dan jajanan khas pasar Solo. Di pasar ini sering diadakan pertunjukan wayang, campursari, musik keroncong dan band untuk menarik lebih banyak pengunjung.

Night Market Ngarsopuro hanya buka setiap Sabtu atau malam Minggu mulai pukul 17.00 WIB hingga 22.00 WIB. Penentuan waktu ini berdasarkan konsep dan implementasi Night Market Ngarsopuro. Namun pasar ini juga buka pada saat ada event di Kota Solo, seperti acara pembukaan Indonesia Performing Art Music, Batik Fashion, Solo City Jazz.

Pasar Malam Ngarsopuro menggunakan tenda yang dapat dibongkar pasang, sehingga pada saat pasar malam dibuka tenda didirikan dan pada saat pasar malam tutup tenda ini dapat dibongkar kembali sehingga seluruh jalan Diponegoro dapat dilalui kembali seperti sediakala. Penyewaan tenda bongkar pasang dari pemerintah tidak dipungut biaya, karena pemerintah ingin membantu pedagang kecil di kota Solo.

Pengunjung biasanya menikmati suasana malam sambil bersantai bersama keluarga di koridor pasar ini. Anak muda pun memanfaatkan koridor ini untuk bersantai sambil berfoto. Suasana malam di koridor pasar sangat menyenangkan karena terletak di pinggir jalan, suasananya sejuk dan dilengkapi dengan lampu yang terang sehingga tidak memberikan kesan yang negatif.

Oleh karena itu, pengunjung yang awalnya bosan, pusing bahkan stres setelah datang ke Night Market Ngarsopuro dapat merefresh otak dan pikiran karena di sini mereka dapat menikmati makanan yang dijual oleh para penjual sambil bersantai dan menikmati suasana malam Kota Solo di pasar ini dan juga bisa menikmati hiburan yang disediakan dan jika pengunjung ingin membawa oleh-oleh, pengunjung bisa berbelanja cinderamata khas Solo di sini.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image