Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Gilang permana Dikha

Mengubah Mindset Pelaku UMKM Agar Sukses

Pendidikan dan Literasi | Wednesday, 24 May 2023, 12:09 WIB
Sumber : dokumen pribadi

Di era digital ini banyak UMKM di Indonesia yang masih terjebak dalam problematika pemasaran,motivasi, dan inovasi baru.Hal ini dapat di lihat ketika mereka memiliki modal yang cukup tetapi bingung bagaimana cara mengembangkan produknya.Hal ini mengingatkan kepada para UMKM agar melek dan selalu update terhadap perkembangan digital.

Dengan banyaknya pesaing UMKM seharusnya para UMKM memiliki strategi tersendiri dengan cara menawarkan produk inovatif yang berbeda dari UMKM lainnya atau competitor dengan cara menganalisa produk lainnya agar tidak kalah bersaing. Dengan cara menerapkan resep baru untuk produk yang bisa menjadi strategi menarik minat pangsa pasar bahkan di kancah Internasional. UMKM juga harus selalu update terhadap era digital sekarang ini dengan strategi pasar sekarang dengan cara mengikuti seminar, pelatihan, jejaring sosial, dan lain-lain. Dengan demikian para UMKM akan memiliki wawasan yang lebih luas.

Dari beberapa hal yang saya ketahui,Banyak pelaku UMKM yang merasa bahwa riset pasar adalah hal yang sulit,ribet,dan membutuhkan dana yang banyak.Padahal jelas ini sangat berpengaruh agar pelaku UMKM mengetahui kebutuhan konsumen.

Masalah lain dari segi pemasaran,Masih banyak UMKM yang sudah berdiri puluhan tahun tetapi kalah bersaing dengan UMKM baru hal ini karena masalah branding,tentu para UMKM harus melakukan branding dengan analisa SWOT(Strength,Weakness,Opportunity,threat),dan tentunya bisa dimaksimalkan melalui promosi online sebab di era digital saat ini sangat mudah untuk mengenalkan produk seperti media Instagram,shopee,tiktok,tokopedia,lazada.Manfaat dari Analisis SWOT sendiri yaitu para UMKM tentu akan mengetahui kelemahan produk pesaing dan akan bertindak bagaimana cara mempertahankan atau meningkatkan kualitas produknya.

Dalam keseluruhan, agar UMKM di Indonesia maju tentu kita harus bersama-sama mendorong para UMKM agar mengetahui strategi yang sebenarnya sangat mudah untuk dilakukan agar produk UMKM di Indonesia menjadi sukses, maju dan dapat bersaing dengan produk luar negeri.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image