Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Hasan Albana

Teruslah Berlari dan Bergerak

Olahraga | Monday, 22 May 2023, 10:45 WIB

Trail Run yang Keren

Awalnya sih berdebat dengan diri sendiri, mampu ndak ya?. Hm .

Diflyer panitia pun dicantumkan tulisan kecil “harus tau diri”

Maksudnya apa? Ya tau diri lah karena even yang keren ini harus berlari naik gunung dengan jarak ‘hanya’ 1Km, namun sangat curam dengan sudut elevasi yang sangat mantab.

Saya putuskan untuk ikut yang everesting 12 Hour bukan yang 24 Hour, karena tau diri hehehe

Sebelum flag off di hari sabtu 20 Mei 2023 pukul 20.00 tepat

Saya harus mengurus kedua anak bayi saya, meluncur menuju rumah orang tua untuk dititipkan hehe

Ternyata meskipun ngebut dari malang ke batu jarak 25 KM ternyata mepet juga. 07.55 saya baru parkir di PinePark Batu. Bersiap ganti sepatu, memasang headlamp, membawa perlengkapan secukupnya, langsung meluncur menuju garis start yang sudah ada 45 para pejuang lari trail.

Keriuhan flag off sangat terasa istimewa karena semua meneriakkan kalimat motivasi semangat. Sehingga diri ini yang baru pertama kali mengikuti event ini ikut semangat. Sejujurnya, saya belum pernah berlari di lintasan PinePark tersebut, bermoda browsing saja di internet, cuz ikut lari naik ke gunung tersebut tepat pukul 20.00

Awalnya sih,, semangat semuanya berombongan naik keatas, bahkan ada yang 1 jam bisa naik dan turun (looping) sampai 3kali, betapa hebatnya mereka-mereka. Minder sih iya, karena sepatu saya bukan sepatu khusus trail, warnanya pun putih hehehe sampai atas dan turun ke bawah ia dibaluri oleh debu debu yang membuat saya sedkiti malu pada setiap peserta yang berjumpa selalu menengok kea rah bawah melihat sepatu saya yang belepotan.

Sampai pukul 10 saya sudah menyelesaikan 3 looping atau tiga putaran naik turun, kaki masih terasa oke oke saja. kemudian dipukul 00.00 sudah mendapat 5 putaran dan baju sudah mulai basah kuyup dengan keringat, diatas pun suara gemuruh mulai mencurigakan, semakin dekat, ternyata suara tersebut adalah tiupan angin yang kencang ke pohon pohon pinus, sehingga mulai terasa sangat dingin. Beberapa peserta mulai mengeluhkan masuk angin dan mencoba mencari minuman hangat maupun obat. Pun halnya saya, dengan tiupan angin seperti itu, kondisi kaki kiri yang mulai memberi sinyal akan kram, saat turun di bawah ambil keputusan untuk mengganti baju, jadi saya mengganti baju supaya tidak masuk angin, serta mencari teh hangat dan buah buahan.

miniatur kehidupan ada pada kegiatan atau olahraga ini, kadang kita terjatuh terjerembab, 'ndlosor', tersandung, hampir putus asa, namun kita bangkit lagi, karena teman teman semua mensuport, bahkan panitia juga terus memotivasi peserta, tetap semangat, meskipun pelan tapi tetap teruslah bergerak. ada ungkapan

jika kamu tidak bisa berlari maka berjalanlah

jika kamu tidak mampu berjalan maka merangkaklah

intinya tersulah bergerak

--------------

Lanjut di loop ke Sembilan semangat masih ada, karena semua peserta sangat keren-keren, terlebih mbak mbak yang luar biasa, saya sebagai laki laki tentu iri, mbak mbak tersebut naik turun terus dengan semangat, raut capek memang nampak saat menanjak, giliran turunan, berlari riang gembira sampai kepreset preset pun bangkit dan tak lupa menyapa saya yang masih newbie ini seraya bertanya dapat berapa loop mas? Saya jawab 9, semangat ya , ucapnya.

Pun halnya mas mas yang bertato maupun mas mas lain yang menggunakan tongkat atau trecking pole, naik semangat, turun pun ngebut. Bahkan ada yang ikut 24 jam berangkat jam 8 pagi finish jam 8 pagi lagi tidur hanya 1 sampai 2 jam, bisa mendapatkan 34 looping, heran juga, ini manusia apa robot atau bahkan makhluk penunggu gunung atau PinePark hhehhe luar biasa pokoknya.

Giliran sudah dapat loop ke 10 saya perkirakan pukul 03.40 masih bisa naik dan turun, karena waktu naik dan turun saya adalah bisa 50 menit sampai 60 menit. Saya perkirakan turun lagi pukul 04.40 sehingga masih bisa shalat subuh di bawah. Alhamdulillah pukul 04.35 bisa turun ke bawah dan shalat tterlebih dahulu. Tanpa banyak istirahat supaya badan tidak terlalu dingin, setelah shalat berjamaah saya naik lagi pukul 05.10. berharap 2 loop lagi bisa selesai pukul 07.00, alhamdulillah meskipun cara jalan saya kata teman teman peserta seperti ninja karena harus miring miring menahan sakitnya ‘dengkul’ yang mulai tidak kuat tetap saya naik dan turun dengan semangat. Di akhir akhir loop tersebut saya mencari batang kayu untuk saya jadikan trecking pole karena butuh penahan supaya kaki tetap kuat menanjak dan turun. Alhamdulillah pukul 06.50 sudah selesai tantangan 12 loop. Dan saya rasa cukup, meskipun masih ada waktu 1 loop lagi, untuk bisa sampai 13 loop. Namun sepatu dan kaki saya sudah tidak mampu melanjutkan.

Setelah selesai saya langsung mencari ibu ibu kantin untuk meminta jatah makan, makan sop istimewa sudah disiapkan panitia, buah, telur, pisang rebus, semua melimpah, pokoknya tidak kekurangan. Setelah makan saya mandi bersih diri dan menunggu momen ceremonial penyerahan hadiah dan penutupan. Alhamdulillah saya termasuk dari 30 peserta yang finish, dan ada 15 peserta yang DNF atau tidak dapat menyelesaikan tantangan.

Cukup sekian pengalaman trail run yang keren ini

‘kapok lombok’, memang merasa kapok atau tobat tidak mau mengulang lagi

Tapi kalau ke depan ada kegiatan seperti itu lagi,

Diem diem saya akan ikut lagi hehehe

Tapi perlu persiapan yang lebih matang dengan Latihan Latihan yang rutin

Salam sehat

Salah olahraga

Keren untuk panitia dan seluruh peserta yang luar biasa

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image