Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image UNISA Yogyakarta

Prodi TLM Unisa Yogyakarta Gelar Kuliah Pakar Tentang TBC

Edukasi | Monday, 22 May 2023, 10:14 WIB

Salah satu penyakit infeksius yang menjadi perhatian pemerintah Indonesia adalah Tuberculosis. Penanggulangan TBC telah dilaksanakan sejak lebih dari 70 tahun yang lalu di Indonesia, namun Indonesia masih menduduki peringkat negara dengan beban TBC ke-2 tertinggi di dunia dengan jumlah kasus sekitar 845.000 per tahun. Upaya penanggulangan TBC di Indonesia dapat dikatakan menemui banyak tantangan, salah satunya dengan munculnya pandemi COVID-19, sehingga fokus program kesehatan dialihkan untuk penanggulangan pandemi. Kondisi ini menyebabkan mereka rentan tertular TBC, ini tentunya berisiko meningkatkan jumlah kasus serta sumber penularan TBC.

Oleh sebab itu, Program Studi Teknologi Laboratorium Medis (TLM) yang merupakan salah satu komponen di Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta turut serta dalam langkah strategis Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, yaitu dengan dilaksanakannya agenda Kuliah Pakar Keilmuan Teknologi Laboratorium Medis di Bidang Bakteriologi dengan judul “How is diagnosed Tuberculosis: Screening and Test Lab”. Dengan diadakannya Kuliah Pakar ini, diharapkan mahasiswa Program Studi Teknologi Laboratorium Medis mampu menjadi ATLM yang kompeten dalam keilmuan Bakteriologi, terutama dalam diagnosis Tuberkulosis. Narasumber pada kuliah pakar ini adalah Dr. Mehru Nisha, Ph.D dari Universiti Kuala Lumpur Malaysia.

Kuliah pakar ini merupakan salah satu iimplementasi dari kerjasama internasional antara Program Studi Teknologi Laboratorium Medis Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta dengan Universiti Kuala Lumpur.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image