Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Anggi Dwi

Festival Rujak Uleg 2023, Pesta untuk Rakyat atau Pesta untuk Pejabat?

Info Terkini | Sunday, 21 May 2023, 16:13 WIB
Sumber : YouTube

Dalam rangka memperingati Hari Jadi Kota Surabaya atau HJKS yang ke-730, pemerintah Kota Surabaya, khususnya Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi memastikan akan menggelar berbagai acara untuk memeriahkan Hari Jadi tersebut. Menurut Wali Kota Surabaya, salah satu tujuan dan harapan diadakannya acara ini yakni, agar masyarakat dapat langsung terlibat dan memeriahkan HJKS ini, sehingga tercipta gotong royong dan guyub rukun di tengah masyarakat Kota Surabaya

Salah satu acara yang menyita banyak perhatian yakni pada Festival Rujak Uleg yang bertempat di Kembang Jepun atau Wisata Kya-Kya Surabaya yang telah terlaksana pada tanggal 6 Mei 2023.

Tujuan dari acara Festival Rujak Uleg ini merupakan salah satu cara Pemerintah Kota Surabaya untuk melestarikan Rujak Cingur yang merupakan Warisan Budaya Tak Benda asli Surabaya. Festival ini juga resmi menjadi kalendar Nasional dalam Karisma Event Nusantara 2023.

Namun terlepas dari kemeriahan Festival Rujak Uleg, terdapat Pro Kontra yang terjadi di kalangan masyarakat. Hal ini disebabkan karena pada saat Festival berlangsung, masyarakat yang datang untuk memeriahkan hanya bisa menunggu di luar pagar pintu masuk dan yang diperbolehkan masuk hanya dari kalangan para pejabat dan para undangan. Menurut kesaksian para warga yang datang, mereka sempat dijanjikan oleh petugas penjaga pintu masuk untuk dibukakan akses ketika Festival Rujak Uleg tersebut sudah di resmikan. Akan tetapi janji tersebut hanya sebuah janji, sebab kenyataannya masyarakat hanya bisa menunggu lebih dari 2 jam, bahkan ada yang sampai pingsan dikarenakan menunggu terlalu lama dan berdesak-desakan, sampai Festival Rujak Uleg diresmikan, masyarakat umum belum diperbolehkan masuk ke dalam tempat Festival berlangsung.

Dengan Jengkelnya Mereka menyebut Festival Rujak Uleg adalah Pesta pejabat bukan pesta untuk rakyat.

Dari banyaknya peristiwa yang terjadi saat Festival Rujak Uleg 2023, maka Pemerintah Kota Surabaya perlu meninjau serta mengevaluasi beberapa kekacauan yang timbul pada saat Festival berlangsung. Jika memang Festival Rujak Uleg hanya diperuntukan bagj kalangan para pejabat dan undangan, bukan untuk masyarakat umum hendaknya pihak pelaksana atau Pemerintah Kota Surabaya memberikan informasi baik di media cetak maupun media sosial agar masyarakat tidak mempunyai ekspektasi berlebih pada acara tersebut. Atau Jika memang Festival Rujak Uleg diperuntukkan untuk masyarakat umum hendaknya pihak pelaksana menambah kuota dan mengemas acara sedemikian rupa sehingga masyarakat pun merasa senang dan turut andil dalam rangka menyambut Hari Jadi Kota Surabaya.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image