Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image hanif gusti

Cuci Tangan Dulu Sebelum Covid-19 Menyerang

Edukasi | Saturday, 20 May 2023, 19:58 WIB

Beberapa tahun lalu dunia dihebohkan dengan datangnya infeksi baru yang bernama Coronavirus atau Covid-19. Infeksi ini menyebabkan banyaknya manusia di dunia yang meninggal. Hal ini terjadi karena tidak adanya pengobatan atau vaksin yang dapat menyembuhkan virus ini secara spesifik. Namun, apakah kalian tahu ada dengan cuci tangan yang dapat berguna untuk mencegah virus ini? dan apakah anda tahu cara mencuci tangan yang benar? Maka dari itu, simaklah artikel berikut ini agar Anda tahu cara untuk mencegah penyebaran virus ini.

Menurut Kementerian Kesehatan, coronavirus adalah jenis keluarga besar dari virus yang menyebabkan terjadinya penyakit pada hewan dan manusia. Virus ini pertama kali ditemukan di Wuhan, China. Pada Maret 2020 sekitar 292 ribu manusia yang terkonfirmasi terkena virus ini di berbagai belahan dunia misalnya Amerika Serikat, Indonesia, Vietnam, dan masih banyak negara lainnya.

Memperhatiakan kebersihan itu penting bagi diri sendiri contoh simpelnya dalam kehidupan sehari-hari adalah mencuci tangan. Mencuci tangan mungkin terlihat mudah, simple, dan sering dianggap remeh. Namun tahukah Anda bahwa cuci tangan begitu penting dalam dunia medis sehingga Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) meluncurkan kampanye global untuk mendeklarasikan 15 Oktober sebagai Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia (HCTPS) lalu kapankah waktu yang tepat untuk mencuci tangan?

Membiasakan diri untuk mencuci tangan dapat dilakukan pada saat 5 waktu kritis.

Apakah Anda tahu apa saja 5 waktu kritis? Jadi, 5 waktu kritis itu terdiri dari

Soucer : Dinas Kesehatan Kabupaten Banyuasin

1. Mencuci tangan sebelum makan

Hal ini dilakukan karena kuman dapat melekat pada kulit tangan. Telur cacing, virus, kuman, dan parasit dapat mencemari tangan sehingga sebelum memegang makanan disarankan untuk mencuci tangan dan hal ini menjadi sesuatu yanh efektif dalam menjaga tubuh agar tidak terkena virud Covid-19.

2. Mencuci tangan sesudah buang air besar

Tangan sebagai perantara penyebaran penyakit atau virus sehingga setelah buang air besar (BAB) diharapkan semua orang dapat mencuci tangan agar terhindar dari virus atau penyakit yang terbawa oleh tangan dan biasanya dapat terjangkit penyakit diare.

3. Mencuci tangan sebelum menyusui

Manfaat mencuci tangan sebelum menyusui adalah sebagai bentuk upaya untuk membersihkan tangan dari penyakit, kuman, atau virus yang dikhawatirkan membawa penyakit bagi payudara ibu dan bayinya. Hal ini menjadi upaya agar dapat terhindar dari persebaran Covid-19 bagi seorang ibu dan anaknya.

4. Mencuci tangan setelah keluar rumah

Covid-19 dapat tersebar dengan berbagai macam cara sehingga mencuci tangan dapat membersihkan atau mengurangi virus atau kuman yang berbahaya bagi anggota keluarga yang ada di rumah. Dalam hal ini menjadi bentuk kasih sayang keluarga agar tidak terjangkit virus Covid-19

5. Mencuci tangan setelah melakukan kontak dengan hewan

Hal ini dilakukan karena hewan mampu membawa virus seperti halnya Covid-19 berawal dari hewan di pasar hewan, Wuhan, China. Sehingga hal ini menyebabkan kita harus mencuci tangan setelah melakukan kontak dengan hewan.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image