Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image sari tika

Tips Bagi Orang Tua untuk Mengatasi Anak Kecanduan Gawai

Gaya Hidup | Friday, 19 May 2023, 14:21 WIB
Sumber: Freepik

Setelah mengetahui bahaya dari penggunaan gawai pada anak kali ini Habbie akan membahas bagaimana tips menghadapi anak yang kecanduan gawai. Gawai menjadi salah satu musuh orangtua saat ini. Mudahnya akses internet dan murahnya merek ponsel dan tab yang dijual di pasaran membuat orang berlomba-lomba membeli gawai, tak terkecuali anak-anak.

Menurut dokter spesialis saraf anak dari Departemen Neurologi Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Yetty Ramli, gawai memiliki banyak dampak negatif contohnya mata kering, sakit kepala, nyeri leher, kurang nafsu makan, dan gangguan tidur. Lebih dari itu penggunaan gawai juga memberikan dampak negatif lain seperti kecanduan atau adiksi gawai yang bisa memengaruhi mental anak.

Lalu bagaimana cara mengatasi anak yang telanjur kecanduan gawai? Berikut kami memberikan delapan tips mengatasi anak yang kecanduan gawai!

1. Tunjukan permainan alternatif

Permainan online memang jenis permainan yang mudah untuk diakses, namun ada dampak buruk dari seringnya anak mengakses

games online. Oleh karena itu, sebaiknya Anda mengganti permainan online dengan permainan alternatif lain seperti, permainan origami, ludo, puzzle, dan permainan edukasi lainnya. Selain senang, motorik anak juga dapat terlatih.

2. Berikan batasan waktu penggunaan gawai

Anda harus mengawasi penggunaan gawai pada anak, sebaiknya berikan batasan waktu penggunaan gawai pada anak. Saat akan

bermain game pun pilihkan game yang mengedukasi anak.

3. Membawa anak bermain keluar rumah

Anda bisa mengajak anak bermain ke taman kota, berolahraga ringan, atau melakukan pikink. Anak akan merasa senang ketika diajak bermain keluar rumah. Hal ini akan mengalihkan anak dari kecanduan bermain gawai. Selain itu Anda juga sekaligus dapat berlibur bersama anak.

4. Berikan waktu luang dengan bermain bersama anak

Anda sebaiknya meluangkan waktu bersama dengan anak agar Ia merasa diperhatikan dan kecenderungan bermain gawai juga berkurang. Anda dapat bermain, mengobrol, dan bercerita dengan anak.

Anda juga bisa menghidupkan suasana quality time dengan memberikan diffuser untuk menambah keceriaan saat bermain bersama si kecil. Gunakan aromatic telon Habbie yang aman untuk si kecil dengan aroma menyegarkan dari beragam varian tea dan flower!

5. Memberikan les kepada anak

Banyak jenis les yang dapat diberikan kepada anak, misalnya les renang, les musik, atau les melukis. Anda dapat menyesuaikan hobi anak dengan les yang akan diambil. Selain terdistraksi dengan les tersebut, anak akan mendapat pengalaman baru dan pelajaran baru sehingga kecenderungan bermain gawai dapat berkurang.

6. Bersosialisasi dengan teman sebaya

Tidak adanya teman bermain membuat anak mengalihkan perhatiannya ke ponsel hingga larut bermain ponsel tersebut. Oleh karena itu, anak perlu diajak bertemu dengan teman sebayanya dan bersosialisasi hingga dapat menumbuhkan rasa berekspresi si anak.

Nah keenam tips diatas dapat Anda gunakan untuk mengatasi anak yang tidak mau lepas dari ponselnya. Namun, yang paling penting Anda sebagai orangtua harus ekstra perhatian dalam mengawasi anak ya Moms!

Selain menambah bounding dengan si kecil telon Habbie juga dapat menstimulus indera penciuman si kecil dengan beragam aromanya yang menyenangkan dan pastinya aman untuk si kecil!

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image