Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image dinar hanindya

Bertemu dengan Karakter Anime Favorit: Serunya Event Cosplay di Indonesia

Gaya Hidup | Thursday, 18 May 2023, 14:21 WIB

Pada zaman sekarang jika mendengar kata otaku pasti kalian sudah tidak asing lagi. Otaku bisa dikatakan sebagai individu yang lebih condong menyeimbangkan hobinya terhadap dunia anime dan game dengan kehidupan kesehariannya. Dari hobi dan obsesinya dengan dunia anime dan game ini, ternyata para otaku ini memiliki kreatifitas tinggi yang bisa kita lihat dari event cosplay yang sering diadakan di beberapa kota. Acara ini menghadirkan banyak kostum cosplay yang menakjubkan, pertunjukan panggung yang spektakuler, pameran merchandise anime, dan dalam beberapa acara besar biasanya akan menghadirkan tamu spesial.

Dalam suatu event biasanya terdapat beberapa orang yang melakukan cosplaying. Cosplay merupakan singkatan dari costume play, yaitu suatu kegiatan di mana seseorang akan menirukan karakter fiksi dari anime, game, atau film berserta dengan pakaian, aksesoris, rambut dan rias wajahnya. Cosplaying sendiri telah menjadi suatu kegiatan yang populer di seluruh dunia, tak terkecuali di Indonesia. Akhir-akhir ini acara cosplay anime ini sangat sering diadakan, bahkan akan ada dua sampai empat event sekaligus dalam satu minggunya. Acara cosplay ini biasanya dilakukan di pusat perbelanjaan atau dapat dilakukan di dalam Gedung. Seperti acara Comifuro (Comic Frontier) yang dilakukan setiap tahunnya biasa menggunakan Indonesia Convention Exhibition (ICE) yang terletak di BSD, Tangerang, Banten sebagai tempat penyelenggaraannya dan dihadiri oleh ratusan otaku.

Untuk melakukan kegiatan cosplay seorang cosplayer (sebutan bagi seseorang yang memiliki hobi cosplay) biasanya dapat merental sebuah kostum yang dapat menghabiskan uang dari rentang harga Rp50.000 – Rp500.000 atau memilih untuk membuat atau membeli kostumnya sendiri yang mencapai harga lima juta rupiah untuk satu kostumnya. Meskipun kegiatan cosplay ini menghabiskan banyak uang, banyak orang yang menjadikan cosplaying adalah salah satu hobinya. Sama seperti menari dan menyanyi, dalam suatu event, cosplaying ini sangat sering diperlombakan. Dari perlombaan cosplay ini kita dapat melihat cosplayer-cosplayer yang keren serta memiliki kostum-kostum yang sangat menarik. Kriteria dari perlombaan cosplay ini meliputi keakuratan kostum, kemampuan akting, tata rias, dan presentasi panggung. Juri dari perlombaan ini pun juga bukan seorang cosplayer yang tidak main-main. Tidak hanya peserta lomba yang melakukan cosplay tapi pengunjung pun ikut melakukan cosplaying dalam rangka menunjukan bentuk kecintaannya terhadap karakter tersebut. Di sisi lain cosplaying juga memberikan dampak positif bagi sebagian orang seperti menurunkan tingkat stress, mendapatkan aura positif dari keseruan event, serta memperluas relasi pertemanan.

(kiri) Cosplay karakater V-Tuber Vestia Zeta oleh @selfish.gurl dan (kanan) Cosplay karakter Kitagawa Marin oleh @nincguang

Dalam event cosplay tak hanya menyajikan hal-hal yang berbau cosplay, tak jarang juga sebuah event cosplay mengundang pengisi acara yaitu band dan girl group yang menyanyikan lagu-lagu ost anime seperti Kai Kaikitan oleh Eve, Gurenge oleh LiSA yaitu salah satu ost anime terkenal yaitu Demon Slayer, dan lagu-lagu dari penyanyi jepang lainnya dari YOASOBI, AKB48, Baby Metal, dan lainnya

Diadakannya acara cosplay ini juga dapat membantu pengusaha UMKM yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan. Biasanya sebelum event dimulai, penyeleggara event akan membuka “open tenant” jadi, pengusaha UMKM dapat membuka stan dalam acara tersebut. Stan yang ada dalam event cosplay biasanya menjual makanan khas jepang (Takoyaki, ayam goreng katsu, okonomiyaki), merchandise anime dan game (yang berbentuk stiker, standee, figure karakter, boneka, pin, dan poster), kostum, dan aksesoris yang dapat menambah koleksi para penggemar anime atau otaku. Dalam event ini akan memudahkan otaku untuk menemukan barang-barang yang sulit didapatkan di tempat lain, dan mereka juga dapat bertemu dengan produsen dan seniman lokal yang berpartisipasi dalam industri anime di Indonesia

Diluar dari serunya event cosplay, ternyata acara cosplay memiliki dampak positif bagi industri kreatif di Indonesia. Banyak perusahaan lokal yang terlibat dalam produksi dan penjualan kostum cosplay, aksesori, dan barang-barang terkait lainnya. Karena seringnya acara cosplay diselenggarakan dan banyaknya minat otaku untuk melakukan cosplay, hal ini menciptakan permintaan yang tinggi terhadap produk-produk yang berhubungan dengan cosplay ini, serta dapat membantu meningkatkan penjualan bagi para pelaku industri kreatif di Indonesia. Hal ini berdampak positif di sektor ekonomi karena dapat menciptakan lapangan kerja baru dan meningkatkan pendapatan perusahaan kreatif di Indonesia.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image