Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Lapas Perempuan Kelas IIA Palembang

Lapas Perempuan Palembang Ikuti Zoom Sosialisasi Survey Penilaian Integritas Tahun 2023 dari KPK

Info Terkini | Thursday, 18 May 2023, 05:58 WIB

Palembang, Rabu 17 Mei 2023, Kalapas Perempuan Palembang Kemenkumham Sumsel, Ike Rahmawati beserta Pejabat Struktural mengikuti zoom sosialisasi survey penilaian integritas Tahun 2023 oleh tim KPK, bertempat di Aula Atas Lapas Perempuan Palembang.

Survei Penilaian Integritas (SPI) merupakan survei untuk memetakan risiko korupsi dan kemajuan upaya pencegahan korupsi yang dilakukan Kementerian/Lembaga/Pemerintah Daerah (K/L/PD). Kegiatan sosialisasi yang dilaksanakan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) ini diikuti oleh seluruh UPT / balai yang Ada di Indonesia.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Plh. Direktur Monitoring KPK (Tri Gamafera). Penilaian SPI diambil dari 3 sumber utama yaitu hasil survei penilaian internal yang dilakukan kepada pegawai, pengguna layanan, dan penilaian para ahli/stakeholder/eksper dengan syarat minimal telah bekerja ataupun menikmati layanan dan berinteraksi dengan pemberi layanan selama sekurang-kurangnya satu tahun. Untuk memastikan ketiga penilaian tersebut lebih objekif, SPI juga menerapkan faktor koreksi berupa jumlah pelaporan pengaduan, data penanganan korupsi oleh Aparat Penegak Hukum (APH), dan ada atau tidaknya pengarahan pengisian survei yang dilakukan institusi terkait saat pelaksanaan SPI.

Selain itu, sejak tahun 2021 SPI juga telah menjadi salah satu indikator dalam Penilaian Mandiri Pelaksanaan Reformasi Birokrasi (PMPRB) dan menjadi indikator dalam mengukur sasaran terciptanya birokrasi yang bersih dan bebas KKN dengan 407.108 reaponden yang telah mengisi survey secara daring maupun tatap muka.

Responden yang terpilih tahun ini akan menerima WhatsApp blasting dari akun dengan centang hijau dan email resmi. Kedua media ini akan mengarahkan responden ke laman pengisian survei di spi.kpk.go.id. KPK juga menjamin kerahasiaan data pribadi dan jawaban responden sebagaimana diatur di dalam Pasal 21 Undang-undang Statistik Nomor 16 tahun 1997 tentang Statistik. Tim SPI KPK 2022 juga menyediakan fasilitas Whatsapp Bot daftar pertanyaan dan jawaban yang akan menjawab setiap pertanyaan tentang SPI dan tata laksananya selain call centre 198.

"Mari kita sukseskan bersama Survei Penilaian Integritas Tahun 2023 dengan segera merespon dan menjawab pertanyaan survei bila terpilih menjadi responden baik sebagai bagian Internal yang merupakan Pegawai pada Lapas Perempuan Palembang, maupun Eksternal yang merupakan pengguna layanan Lapas Perempuan Palembang," ujar Ike.

Adapun manfaat kegiatan ini antara lain, bisa memberikan informasi mengenai kesiapan Lapas Perempuan Palembang dalam pelaksanaan survei secara elektronik.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image