Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Charisma Aliya Azahra - Mahasiswi UNAIR

Menuju Sukses SNBP: Strategi Terbukti untuk Lolos Jalur Undangan di Unair

Sekolah | Wednesday, 17 May 2023, 11:55 WIB

SNBP (Seleksi Nasional Bersama Perguruan Tinggi Negeri) adalah seleksi nasional untuk masuk perguruan tinggi negeri (PTN) di Indonesia yang didasarkan pada prestasi. Seleksi ini diselenggarakan oleh Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan (BPPP) di bawah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) sebagai pengganti SNMPTN. Dalam proses seleksi jalur prestasi untuk masuk perguruan tinggi, ada strategi yang perlu diperhatikan.

Tiap kampus memiliki kriteria penilaian yang berbeda-beda. Sebagai contoh, di Universitas Airlangga (Unair), cerita sukses jalur prestasi sering kali melibatkan ranking yang lebih diutamakan walaupun tidak mencantumkan sertifikat prestasi.

Kampus B Universitas Airlangga

Baru-baru ini, Prof. Dr. Moh. Nasih, SE., MT., Ak, Rektor Unair, mengungkapkan tiga kunci lolos jalur prestasi dalam suatu wawancara dengan detikedu saat Sosialisasi SNMPTN & UTBK SBMPTN Unair 2022. Mari kita bahas lebih lanjut:

1. Urutan Pilihan: Menempatkan Unair sebagai pilihan pertama memberikan prioritas lebih dalam seleksi. Namun, Unair juga mempertimbangkan peluang kelolosan bagi mereka yang memilih Unair di keduanya sebagai pilihan pertama dan kedua.

2. Indeks Sekolah: Faktor lain yang diperhatikan adalah indeks sekolah yang mencakup nilai UTBK, prestasi, dan alumni. Indeks sekolah yang lebih tinggi atau posisi yang lebih baik memiliki peluang lebih besar.

3. Peringkat Siswa: Faktor lainnya adalah peringkat siswa yang bersangkutan. Posisi terbaik dari masing-masing peserta juga mempengaruhi peluang diterima. Dalam konteks ini, rektor Unair juga menjelaskan bahwa posisi yang tertinggal sangat sulit untuk diterima. Misalnya, jika terdapat 40 peserta dengan peringkat 40 pada program studi yang memiliki tingkat persaingan yang sangat ketat, kemungkinan diterima menjadi sangat rendah. Maka dari itu, sebaiknya jika pilihan jurusanmu tidak sama dengan yang di peringkat atasmu.

Selain itu, terdapat beberapa faktor pendukung yang umumnya diketahui dapat meningkatkan peluang diterima, seperti nilai rata-rata rapot, track record alumni (berapa banyak alumni sekolah yang masuk ke universitas tersebut), sertifikat prestasi yang relevan dengan jurusan yang dipilih, dan nilai mata pelajaran pendukung yang tinggi.

Namun, perlu dicatat bahwa terdapat faktor penilaian lain yang akan dipertimbangkan tergantung pada jurusan dan universitas yang dipilih, itu juga termasuk jurusan yang berbeda di universitas yang sama. Oleh karena itu, penting untuk melakukan riset dengan baik di segala sumber. Mengetahui jurusan dan universitas yang diinginkan menjadi langkah awal yang penting, dari situlah Anda dapat mencari informasi tentang skor-skor sebelumnya yang berhasil diterima dan juga cerita pengalaman diterima melalui jalur prestasi yang sering dibagikan orang-orang di platform sosial media, sehingga dapat menemukan pola-pola yang mungkin terjadi dalam proses seleksi.

Dengan memperhatikan strategi dan kunci sukses yang telah diungkapkan oleh Rektor Unair serta faktor-faktor pendukung lainnya, diharapkan calon mahasiswa dapat meningkatkan peluang mereka untuk diterima melalui jalur prestasi SNBP selanjutnya.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image