Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image

Tips and Trick Memasuki Dunia Perkuliahan

Gaya Hidup | Wednesday, 17 May 2023, 11:52 WIB

Tips and Trick Memasuki Dunia Perkuliahan - Tahun ajaran baru akan segera dimulai baik di jenjang SD, SMP, SMA, bahkan di jenjang perguruan tinggi. Di tahun ajaran baru ini, seleksi untuk masuk ke PTN (Perguruan Tinggi Negeri) dilakukan melalui laman SNPMB (Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru). Jalur yang ada pun terbagi menjadi 2, yaitu SNBP (Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi) dan SNBT (Seleksi Nasional Berdasarkan Tes).

Beberapa waktu yang lalu, lebih tepatnya di tanggal 28 Maret 2023 lalu, telah diumumkan siapa saja yang lolos melalui jalur SNBP (Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi). Nah, tentunya teman-teman calon mahasiswa baru sudah mulai berandai-andai bagaimana sih kehidupan di dunia perkuliahan? Mungkin ada dari teman-teman calon mahasiswa baru yang kebingungan gimana caranya nanti biar bisa survive di dunia perkuliahan ya? Atau bahkan ada yang sudah mulai merancang untuk mau ikut kegiatan atau kepanitiaan apa aja nih nantinya.

Sebagai mahasiswa baru, tentunya akan dihadapkan pada berubahnya sistem dan perbedaan kondisi lingkungan antara pada saat di SMA/K dan sederajat dengan di lingkungan perkuliahan. Di lingkungan perkuliahan, hal yang jelas terjadi adalah tidak lagi digunakannya seragam. Yups, untuk melaksanakan kegiatan di lingkungan perkuliahan, teman-teman akan menggunakan baju bebas dengan catatan asalkan sopan ya. Selain itu, di dunia perkuliahan juga terdapat berbagai organisasi mahasiswa yang nantinya dapat diikuti. Dari banyaknya organisasi mahasiswa yang tersedia, tentunya sebagian dari mahasiswa baru akan tergiur untuk mengikuti organisasi mahasiswa tersebut. Akan tetapi, dalam mengikuti berbagai kegiatan atau organisasi mahasiswa, mahasiswa baru tentunya harus memiliki kemampuan untuk memanajemen waktu. Hal ini dikarenakan apabila mahasiswa baru tidak memiliki kemampuan dalam memanajemen waktu, maka dia akan kewalahan dan merasa kesulitan untuk beradaptasi.

Selain hal-hal di atas, apa aja sih kesibukan mahasiswa itu? Nah, selain berkutat di dunia organisasi, mahasiswa tentunya tidak boleh melupakan kewajiban dasarnya. Kewajiban dasar yang dimaksud adalah belajar. Sudah tentu sebagai mahasiswa, tugas wajibnya adalah belajar. Memang di dunia perkuliahan ini, mahasiswa akan diberikan kesempatan dan peluang yang cukup besar untuk mengenal atau mengikuti kegiatan lain selain di bidang akademik. Akan tetapi, mahasiswa juga tidak boleh melupakan atau pun mengabaikan kewajiban dan tujuan utamanya untuk melanjutkan pendidikan di jenjang perguruan tinggi ini. Hal ini juga harus diketahui oleh mahasiswa baru nih, supaya nantinya mahasiswa baru tidak hanya berfokus dan terlalu asik dengan mengikuti kegiatan yang berada di luar akademik saja. Sistem pembelajaran yang berlangsung di dunia perkuliahan pun tidak sama seperti saat di SMA/K dan sederajat. Sistem pembelajaran yang digunakan di perguruan tinggi lebih mendorong mahasiswanya untuk berdiskusi dan belajar secara mandiri. Oleh karena itu, perlu diketahui untuk mahasiswa baru supaya jangan terlena dan untuk tetap fokus terhadap apa yang ingin dicapai.

Selain terbukanya akses dan peluang untuk mengeksplor hal-hal baru, di dunia perkuliahan ini tentunya juga terdapat hal menarik lainnya. Hal menarik tersebut adalah terbukanya kesempatan dan informasi terkait beasiswa. Bagi kamu, mahasiswa baru, yang ingin mendapatkan uang tunjangan dan pelatihan, ada baiknya untuk mencoba mendaftarkan diri di beasiswa yang ada di perguruan tinggi.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image