Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Raihan Alfarisi

Gresik Kota Industri

Info Terkini | Tuesday, 16 May 2023, 17:49 WIB

Gresik selain dikenal sebagai kota santri dan kota wali, gresik juga dikenal sebagai kota industri. Karena di Gresik terdapat banyak berdiri perusahaan besar seperti PT. Semen Gresik, PT. Petrokimia, PT. Smelting, PT. Maspion, danj juga banyak industri kecil yang tersebar di wilayah kota Gresik. Dan yang terbaru berdirinya kawasan industri baru JIIPE (Java Integrated Industrial and Port Estate).

Keberadaan industri membawa berbagai dampak positif di berbagai sektor, misalnya sektor tenaga kerja yaitu banyaknya orang yang datang untuk bekerja di Gresik. Selain itu juga banyaknya berdiri perumahan untuk memenuhi kebutuhan tempat tinggal untuk tenaga kerja yang bekerja di Gresik seperti Pondok Permata Suci (PPS), Gresik Kota Baru (GKB), dan banyak lagi di wilayah Gresik lainnya. Hal ini juga berdampak kepada harga beli tanah dan juga rumah, selain itu banyak berdiri hotel dan apartemen untuk memenuhi kebutuhan seperti orang yang datang ke kota Gresik.

Selain itu juga dibidang ekonomi meningkat ditandai dengan berdirinya mall, pertokoan, restoran diberbagai penjuru kota Gresik. Namun selain itu terdapat dampak negatif seperti pencemaran lingkungan, kesenjangan tingkat pendapatan, dan juga perilaku konsumtif.

Secara umum dengan adanya industri yang ada di kota Gresik berdampak pada tingkat pendapatan. Pada tahun 2023 UMK Gresik sebesar Rp. 4.522.030 yang menempati nomor 2 tertinggi di Jawa Timur setelah kota Surabaya, hal ini menimbulkan data beli masyarakat yang tinggi dan pertumbuhan ekonomi di kota Gresik tinggi.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image