Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Rakadian Pradana Henszaputra

Perkembangan Telekomunikasi Jaringan Seluler di Indonesia: Mulai dari 1G hingga 5G

Teknologi | Sunday, 14 May 2023, 11:10 WIB

Pada era modern ini, Teknologi Jaringan Seluler di Indonesia dapat dibilang telah berkembang jauh dibandingkan dulu. Saat ini, mayoritas masyarakat Indonesia telah menggunakan 4G dan 5G yang hanya tersedia di beberapa lokasi tertentu. Namun, bagaimana jaringan seluler di Indonesia sebelum ada jaringan 4G dan 5G

sumber: quora.com

Jenis-Jenis Jaringan Seluler di Indonesia

Jaringan Gen-1 (1G)

Di Indonesia, Jaringan seluler pertama kali muncul pada tahun 1984 oleh PT Telkom Indonesia bersama PT Rajasa Hazanah yang beroperasi dengan teknologi analog yaitu Advanced Mobile Phone System (AMPS). Sehingga ia memiliki kecepatan maksimal yang rendah yaitu 2,4Kbps dan jaringan tersebut mulanya hanya berfungsi untuk telpon saja.

Jaringan Gen-2 (2G)

Sementara untuk jaringan 2G di Indonesia, pertama kali ada di Batam pada tahun 1993. Jaringan teknologi juga menggunakan teknologi GSM sehingga muncul adanya kartu SIM pertama yang diterbitkan oleh PT Satelindo(1994). Melalui teknologi tersebut pengguna dapat mengirim pesan(SMS) ataupun gambar (MMS). 2Gb sendiri terdapat macam-macam seperti 2 GsMr, 2.5G dan juga 2.75G.

Jaringan Gen-3 (3G)

Setelah jaringan 2G, muncul jaringan 3G seiringnya internet berkembang. Hal tersebut karena jaringan 3G memiliki kecepatan transfer yang lebih tinggi yaitu 2 Mbps. Jaringan seluler 3G pertama kali muncul di Indonesia pada tahun 2005 dan dikomersialkan pada tahun 2006 oleh Telkomsel. Teknologi yang digunakan yaitu WCDMA (Wideband Code Division Multiple Access).

Jaringan 3G ini kemudian ditingkatkan lagi menjadi 3.5G yang menggunakan teknologi HSDPa (High Speed Downlink Packet Access) atau HSPA+ (HSPA Evolution) yang memiliki kecepatan jaringan yang lebih baik daripada 3G. Yaitu 10x lebih cepat dibandingkan teknologi 3G biasa.

Jaringan Gen-4 (4G)

Lalu, kita sampai ke jaringan seluler yang umum digunakan oleh masyarakat di Indonesia yaitu Jaringan 4G. Jaringan 4G pertama kali ada di Indonesia pada tahun 2013 dan baru dikomersialkan pada tahun 2014 oleh Telkomsel. Kecepatannya mencapai 100 Mbps untuk teknologi LTE dan 1 Gbps untuk jaringan 4G. Hal tersebut tentunya membantu mempercepat waktu download dan upload hingga membuat perubahan ke era digital.

Jaringan Gen-5 (5G)

Yakni jaringan seluler terbaru di Indonesia. Pertama kali diluncurkan pada tahun 2021 oleh Telkomsel. Jaringan 5G ini memiliki kecepatan yang sangat tinggi yakni hingga 20 Gbps dan memiliki latensi yang rendah sehingga lebih stabil dan lebih cepat dibanding generasi sebelumnya. Namun, sayangnya di Indonesia penyebaran jaringan 5G ini masih dalam daerah tertentu saja, belum merata. Kabarnya, menurut Kementrian Kominfo, pengimplementasian 5G akan merata pada tahun 2025 nanti.

oleh: Rakadian Pradana Henszaputra - Mahasiswa S1 Universitas Airlangga

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image