Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Andromeda Bagaskara Kusnadi

Pentingnya Kemanajemenan Di Dalam Sepak Bola

Olahraga | Sunday, 14 May 2023, 02:40 WIB
sumber: https://unsplash.com/photos/gB-ky-1st7o diapkses pada pukul 2 pagi, 14 mei 2023

Di dalam Sepak bola sebuah manajer klub/tim merupakan seseorang yang memimpin bagaimana sebuah klub/tim sepak bola berjalan. Namun, dalam kemanajemenan sepak bola ada berbagai peran manajemen yang terdapat di dalam kebanyakan sebuah klub/tim sepak bola. Diantaranya:

 

  • Strategic and Performance Management;

Strategic and Performance Management merupakan manajemen yang mengatur bagaimana sebuah strategi dan performa dalam sebuah klub baik untuk para pemain maupun pelatih. Kebanyakan sebuah manajer strategi dan performa merupakan mantan seorang pemain profesional sepak bola, mengapa begitu? karena kebanyakan seorang mantan pemain lebih memiliki pengalaman dari posisi sebagai pemain, maka dari itu, mereka bisa lebih banyak mengetahui apa yang seharusnya diperbuat oleh para pemainnya kelak. Contohnya adalah Pep Guardiola, Johan Cruyf, dan Zidane Zidane.

 

  • Operational Management (human resources, finances, customer satisfaction, service operations);

Operational Management merupakan manajemen yang mengatur di bagian operasional suatu klub/tim sepak bola, dimana disana semua kegiatan-kegiatan yang diperlukan untuk membuat sebuah klub berjalan dengan baik. Banyak yang menganggap sebuah manajemen operasional merupakan hal yang sepele seperti yang dilakukan klub besar asal spanyol, dimana mereka kurang mempedulikan di masalah finansial dan sampai sekarang (14/05/2023) klub tersebut masih kesulitan dalam hal finansial, sampai-sampai banyak pemain yang terkena pemotongan gaji.

 

  • Football marketing and sponsorship Management;

Football marketing and sponsorship Management merupakan manajemen yang mengatur pemasaran dan sponsor di sebuah klub/tim sepak bola. Banyak sekali klub yang kurang mempedulikan nama perusahaan/bidang dari perusahaan si pemesponsor, dimana banyak sekali perusahaan judi masuk menjadi sponsor dari sebuah klub/tim sepak bola, yang dimana seharusnya sepak bola merupakan sebuah hiburan yang menyenangkan tanpa harus membakar uang, tetapi disisi lain juga sebuah tim/klub membutuhkan uang/dana yang cukup besar dimana tidak begitu banyak yang mau mengambil kembali sejak pandemi covid-19 dimana banyak perusahaan yang masih takut untuk menjadikan perusahaan mereka menjadi sponsor karena masih dalam masa pemulihan finansial dan kebanyakan menjaga kondisi perusahaan di mana inflasi sedang terjadi di Eropa dan Amerika.

 

  • Event and Volunteer Management;

Event and Volunteer Management merupakan manajemen yang mengatur sebuah acara dimana terlibat banyaknya orang, biasanya mereka mengadakan/memilih Event Organizer untuk acara, tapi masih banyak klub/tim sepak bola yang memilih untuk menyiapkan acara mereka dari manajemen ini. Biasanya ada beberapa Manajer yang diambil untuk menjadi panitia di dalam acara klub/tim sepak bola untuk mempermudah operasional dan pengendalian acara. Volunteer/orang yang mengajukan diri untuk menjadi sebuah panitia acara juga kebanyakan dari pekerja yang ada di klub, yang dimana untuk menghemat biaya dan mengefisiensi dari apa yang dipunya dari sebuah klub/tim sepak bola.

 

  • Women’s football Management;

Women’s football Management merupakan manajemen yang mengatur sebuah tim wanita di sebuah klub/tim sepak bola. Walau tidak begitu banyak perbedaan namun semua lini manajemen yang ada di sebuah tim laki-laki bisa diasumsikan berbeda. Contohnya dari sebuah sponsor dari tim perempuan dan tim laki-laki bisa berbeda, dimana laki-laki lebih banyak untuk produk laki-laki dan perempuan lebih ke arah perempuan. Contohnya dari kosmetik, kosmetik yang digunakan oleh laki-laki dan perempuan berbeda, jadi sponsor yang ada di tim laki-laki akan berbeda dengan tim perempuan.

 

  • Football development Management

Football development Management merupakan manajemen yang mengatur sebuah prospect/pemain muda untuk berkembang di sebuah klub/tim sepak bola. Biasanya untuk development management ini terdapat sekolah di klub/tim sepak bola yang besar. Dimana klub/tim sepak bola tidak perlu membuang dana untuk mencari pemain secara satu persatu. Disisi lain juga ada seorang scouter di sebuah klub/tim sepak bola, dimana mereka mencari pemain yang berbakat untuk bisa bermain untuk klub/timnya, bahkan sampai bisa dijual untuk klub/tim sepak bola lain. Namun, tak hanya dari klub, scouter juga bisa berasal dari luar klub/timnya dimana mereka merupakan orang yang terpercaya dan biasanya memiliki manajemen tersendiri di luar manajemen klub/tim sepakbola.

Dari Semua manajemen di atas, tak semua bagian ada di sebuah klub/tim sepak bola. Namun, dengan adanya mereka, bisa membuat klub/tim menjadi lebih sukses dan menjadi klub papan atas. Dengan adanya peran manajemen yang telah saya sebutkan tersebut, mungkin bisa membuat sebuah klub berjalan dengan baik, dimana semua manajer saling membutuhkan, percaya, dan memberikan keahlian mereka dengan sekuat tenaga. Terima kasih telah membaca, maaf apabila ada kesalahan kata dan pengucapan.

 

  • Dibuat Oleh Andromeda Bagaskara K., Mahasiswa Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Airlangga

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image