Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Arya Hanif Diyan Athillah

Pengambilan Keputusan Dalam Bisnis Menggunakan Artificial Intelligence (AI)

Teknologi | Saturday, 13 May 2023, 22:40 WIB

Pengambilan Keputusan Dalam Bisnis Menggunakan Artificial Intelligence (AI)

Pengambilan keputusan merupakan proses pemilihan suatu alternatif untuk memastikan keberlangsungan perusahaan. Dalam proses tersebut, perusahaan harus mempertimbangkan faktor internal dan eksternal yang memengaruhi pengambilan keputusan. Faktor internal contohnya sumber daya yang diperlukan oleh perusahaan untuk pengambilan keputusan dengan baik, sementara faktor eksternal meliputi situasi dan kondisi lingkungan di luar perusahaan yang akan berdampak pada pengambilan keputusan.

Pengambilan keputusan juga membutuhkan Langkah-langkah yang harus dipikirkan secara logis dan sistematis, (1)Mentapkan keputusan, Sebelum memulai, Anda harus memastikan bahwa keputusan yang diambil realistis, dapat diukur, dan dilaksanakan sesuai waktu yang ditetapkan. (2)Mengumpulan informasi, Anda harus mulai mengumpulkan informasi dengan melakukan penelitian primer dan sekunder. Contohnya, Anda bisa menyebar kuesioner, melalukan wawancara, atau mengumpulkan data-data eksternal yang berhubungan dengan industri Anda untuk mendukung pengambilan keputusan. (3) Menimbang semua factor, Luangkan waktu untuk menimbang semua faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi pengambilan keputusan berdasarkan informasi yang dikumpulkan di tahap sebelumnya. Untuk membantu Anda dalam menjabarkan informasi terkait pengambilan keputusan, Anda dapat menerapkan alat-alat khusus dalam situasi tertentu. (4) Melaksanakan pengambilan keputusan, Anda harus memilih keputusan yang terbaik setelah menimbang faktor internal dan eksternal. Keputusan yang diambil harus sesuai dengan tujuan perusahaan dan membantu menyelesaikan beberapa tantangan yang dihadapi perusahaan Selanjutnya, ambil tindakan atas keputusan tersebut dan pastikan Anda juga mempersiapkan back-up plan jika suatu masalah terjadi. (5) Evaluasi setiap keputusan, Tinjau semua keputusan untuk memeriksa apakah tujuan sudah tercapai. Pertimbangkan juga terkait hal-hal yang bisa ditingkatkan untuk pengambilan keputusan di masa depan dengan mengumpulkan masukan dari anggota lainnya di perusahaan Anda.

AI (Artificial Intelligence) atau kecerdasan buatan adalah teknologi yang bertujuan untuk membuat mesin atau sistem komputer dapat meniru kemampuan manusia dalam berpikir dan belajar, serta melakukan tugas yang biasanya memerlukan kecerdasan manusia. AI menggunakan teknik-teknik seperti machine learning, deep learning, dan natural language processing untuk memproses data dan belajar dari pola atau perilaku untuk memperbaiki kinerja mereka seiring waktu.

Contoh dari aplikasi AI yang paling umum termasuk asisten virtual, chatbot, pengenalan suara dan gambar, kendaraan otonom, analisis data, serta pengambilan keputusan otomatis. AI telah memberikan dampak yang signifikan dalam berbagai industri, seperti kesehatan, keuangan, manufaktur, perbankan, dan banyak lagi.

Pengambilan keputusan menggunakan AI sangatlah praktis dari segi efesiensi waktu serta ketepatanya dalam mengambil keputusan, Teknologi kecerdasan buatan (AI) dapat membantu pengambilan keputusan bisnis yang lebih baik. AI dapat menganalisis data dengan cepat dan akurat, bahkan data besar, dan menghasilkan informasi penting yang dapat membantu pengambilan keputusan. Dengan kemampuan analisis data ini, AI dapat membantu menemukan tren, pola, dan anomali yang mungkin terlewatkan oleh manusia. Prediksi menggunakan AI jauh lebih akurat karena AI menggunakan algoritma machine learning, AI dapat melakukan prediksi dengan akurasi yang lebih tinggi. Misalnya, AI dapat membantu perusahaan dalam melakukan prediksi permintaan produk, perkiraan pendapatan, atau prediksi risiko keuangan. AI dapat menganalisis sentimen konsumen dari data unstruktur, seperti review produk atau media sosial, untuk membantu perusahaan dalam memahami bagaimana pelanggan merespons produk atau layanan mereka. AI dapat membantu perusahaan dalam mengelola rantai pasokan mereka dengan lebih efisien, dari prediksi permintaan hingga pengelolaan inventaris dan pengiriman. AI dapat membantu perusahaan dalam memperbaiki efisiensi operasional dengan menganalisis data dan memberikan rekomendasi untuk mengoptimalkan penggunaan sumber daya.

Dalam keseluruhan, penggunaan AI dalam pengambilan keputusan bisnis dapat membantu perusahaan mengambil keputusan yang lebih akurat dan tepat waktu, mengurangi biaya dan meningkatkan efisiensi operasional.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image