Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Gugi Gunarto

Jaga Kontinuitas Pencegahan Covid-19 pada Kantor Imigrasi di Penghujung Tahun

Gaya Hidup | Thursday, 23 Dec 2021, 16:25 WIB

Telah terjadi tren penurunan angka persebaran Covid-19 di Indonesia pada beberapa waktu kebelakang, dengan melandainya angka persebaran Covid-19 tentu dapat membuat masyarakat terbuai dan menurunkan kewaspadaan terhadapat persebaran Covid-19 itu sendiri.

Ditambah dengan hadirnya varian Omicron pertama di Indonesia yang membuat pemerintah berencana memberlakukan aturan yang lebih ketat bagi mereka yang ingin memasuki tempat-tempat umum serta membatasi perjalanan baik darat, laut dan udara menjelang pergantian tahun ini.

Pencegahan Covid-19 sudah tentu menjadi tanggungjawab setiap individu warga negara jika ingin Indonesia segera terbebas sepenuhnya dari Covid-19, terutama pemerintah sebagai penyelenggara negara yang tentu saja tetap harus menjalankan tugas dan fungsinya memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Seperti pada Unit Kantor Imigrasi misalnya, sebagai unit pelayanan yang berinteraksi langsung dengan masyarakat, pencegahan dapat dilakukan oleh seluruh pegawai dengan berperan aktif dalam upaya tetap menerapkan protokol 5M yang mana merupakan protokol kesehatan sebagai strategi pencegahan penularan Covid-19 yang terdiri dari memakai masker, mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, serta membatasi mobilisasi dan interaksi.

Selain itu pelaksanaan swab test secara berkala, pembagian multivitamin bagi seluruh pegawai, segera menyampaikan informasi secara berjenjang terhadap status Covid-19 di lingkungan kerja juga menjadi bentuk antisipasi penyebaran Covid-19.

Memaksimalkan penggunaan Teknologi Informasi dalam pelayanan juga menjadi tuntutan pada masa pandemi, sehingga dapat meminimalisir persebaran Covid-19 di lingkungan pelayanan publik seperti Kantor Imigrasi. Seperti penggantian formulir yang ditulis secara manual dengan alat tulis yang digunanakan secara bergiliran menjadi cukup dengan mengisi melalui gawai tentu dapat menjadi solusi untuk pencegahan Covid-19 pada Kantor Imigrasi.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image